Kehamilan

Memahami Tahapan Perkembangan Janin 19 Minggu

Seiring berjalannya proses kehamilan, janin akan terus mengalami perkembangan. Begitupun dengan ibu dimana akan banyak perubahan yang terjadi terutama secara fisik. Menjaga kehamilan bukan hanya ditujukan untuk janin namun juga untuk ibu itu sendiri. Ada banyak momen tahapan perkembangan janin 19 minggu yang mulai bisa ibu rasakan dan nikmati. Terlebih karena diusia kehamilan ini ibu sudah mulai terbebas dari berbagai gejala morning sickness.

Diusia kehamilan yang sudah memasuki 19 minggu ibu akan merasa leih segar dan bugar. Bahkan nafsu makan ibu akan mulai kembali normal atau lebih tepatnya akan mulai meningkat berkali-kali lipat dari sebelumnya. Rintangan morning sickness sudah terlewati maka saatnya untuk ibu memeprsiapkan rintangan selanjutnya di trimester kedua ini yatiu perubahan bentuk tubuh. Ini karena perkembangan janin pada kandungan juga semakin pesat.

Berikut adalah perkembangan yang terjadi pada janin diusia kehamilan 19 minggu yang bisa ibu ketahui dan pahami:

  • Perkembangan yang cukup signifikan terjadi pada otot-otot janin dimana diusia ini sudah mulai terbentuk dengan baik. Tulang-tulang pada tubuh janin juga mulai berkembang untuk membentuk struktur tubuh janin. Struktur tubuh janin termasuk gigi sudah terbentuk.
  • Bobot janin diusia kehamilan 19 minggu ini sudah mencapai 240 gr. Sedangkan untuk panjangnya sudah mencapai sekitar 14.2 cm. Berkembangnya bobot dan panjang tubuh janin menyebabkan bagian atas rahim ibu mencapai bagian pusar. Inilah yang membuat perut bagian atas ibu menjadi terlihat membuncit. Ini disesuaikan untuk mengakomodasi perkembangan janin.
  • Perkembangan janin 19 minggu yang cukup pesat juga terjadi pada sel-sel saraf otaknya. Saat inilah janin sedang mempelajari dan memahami berbagai rangsangan yang muncul. Janin akan mulai bisa merespon stimulan dari luar seperti suara. Biasanya janin akan merespon stimulan dengan bergerak dalam perut ibu. Meskipun begitu, gerakan mungkin tidak akan selalu dirasakan ibu.
  • Diusia kandungan 19 minggu ini, bulu-bulu halus sudah mulai menutupi tubuh janin. Begitupun dengan bulu alis dan bulu mata yang telah tumbuh. Cikal bakal rambut yang juga mulai tumbuh ditempat-tempat seharusnya. Selain bulu dan rambut, jaringan keras juga mulai terbetuk seperti cikal bakal kuku jari tangan dan kaki.
  • Janin diusia ini memiliki detak jantung yang semakin kuat. Ini karena organ jantungnya sudah mulai terbentuk dengan sempurna untuk mendukung hidupnya. Diusia ini, jantung janin mulai bisa memompa darah dengan baik. Selain jantung, ginjal janin juga mulai berfungsi sebagaimana mestinya dan sudah mulai mengeluarkan urin.
  • Selain terjadi perkembangan pada sistem motorik dan metaboliknya, janin juga mengalami perkembangan sensorik. Ini karena saraf-saraf untuk berbagai indera sudah mulai tersusun dengan baik untuk mendukung perkembangan sistem sensoriknya. Diusia ini, koneksi saraf pada tubuh janin terjadi secara lebih kompleks.

Memasuki usia kehamilan trimester kedua, perkembangan janin terjadi lebih pesat dan signifikan. Tulang dan otot janin mulai berkembang dengan baik untuk membentuk kerangka dan struktur tubuh dengan sempurna. Maka pastikan untuk ibu memenuhi kebutuhan nutrisi untuk membantu perkembangan janin secara optimal. Lakukan cek kandungan secara rutin ke dokter kandungan maupun bidan yang ibu percaya. Ibu juga bisa melakukan pemeriksaan USG ke doketr kandungan untuk memantau perkembangan janin lebih mendetail. Ini juga untuk mencari tahu jika ada gangguan tertentu pada kandungan yang membahayakan ibu maupun janin. Dengan begitu, maka perkembangan janin 19 minggu dan periode-periode kedepannya bisa berjalan secara optimal.