Kesehatan

Mempelajari lebih jauh mengenai Biopsi

Akankah anda sudah tahu dan paham mengenai biopsi? Bagi anda yang bergerak dalam bidang kesehatan pastinya sudah tidak asing lagi namun berbeda lagi dengan kaum awam yang belum mengenal. Biopsi merupakan suatu tindakan medis ketika sang dokter mengambil sebagian jaringan tubuh guna dijadikan analisa lebih lanjut. Biasanya sang dokter bakalan memberikan saran melakukan biopsi disaat ada suatu jaringan yang terbilang tidak normal dalam tubuh anda.

Tentu nya kondisi tidak normal ini bisa anda ketahui melalui rontgen atau bahkan CT scan. Pemeriksaan ini pastinya bisa dijadikan sebagai penunjang untuk menentukan suatu lokasi dimana terjadi suatu kelainan. Biasanya jaringan yang akan diambil berasal dari organ tubuh manapun yang dirasa mengalami suatu kelainan.

Biasanya suatu teknik biopsi ini bakalan dilakukan pada daerah sumsum tulang seperti halnya pada tulang panggul. Hal ini tentu saja bertujuan apakah ada suatu kelainan darah seperti limfoma. Biasanya tindakan biopsi ini akan sering dikaitkan dengan kanker sebab menjadi alat diagnosis yangt begitu penting untuk kasus kanker. Sebagai contohnya ketika seorang pasien mengeluhkan suatu gejala yang mirip sekali dengan keluhan kanker pada organ tertentu. Maka sang dokter tentu akan lebih focus melakukan suatu pemeriksaan pada organ tersebut.

Sebagian jaringan dari organ akan diambil lalu diperiksa di bawah sebuah mikroskop guna mengetahui akankah sel pada organ masih tergolong normal ataukan sudah mengalami perubahan layaknya sel kanker. Dari sinilah bakalan ditentukan penyakitnya yang nantinya bisa berimbas pada terapi yang akan anda jalani.

Biasanya tindakan biopsi ini bisa juga membantu anda dalam hal identifikasi beragam kondisi medis yang lainnya. Menurut prosedurnya, biasanya pasien yang akan melakukan tindakan biopsy tidak akan memerlukan persiapan yang khusus. Yang perlu anda lakukan tentu saja perlu berkonsultasi terlebih dahulu ke dokter mengenai kondisi pasien dalam keseharian. Biasanya selama dalam tindakan prosedur, maka pasien pun akan diberi suatu obat penenang bahkan juga penahan rasa nyeri. Hal ini bertujuan agar pasiennya bisa merasa lebih rileks lagi dan juga lebih nyaman.

Perlu anda ketahui juga bahwa tindakan biopsi ini dilakukan dengan 2 cara. Biasanya juga disesuaikan dengan kondisi dari pasiennya. Yakni:

Biopsi terbuka

Biasanya untuk jenis biopsi yang satu ini akan dilakukan dengan melakukan pengambilan sampel jaringan bersamaan dengan tindakan operasi terbuka yang dilakukan oleh seorang dokter.biasanya untuk prosedur yang satu ini bakalan memberikan suatu resiko maupun efek samping yang jauh lebih besar untuk pasiennya.

Biopsi tertutup

Jenis biopsi yang satu ini biasanya dilakukan dnegan pengambilan suatu sampel jaringan yang hanya dengan melakukan suatu sayatan kecil pada bagian lapisan kulit. Lalu biasanya menggunakan sebuah jarum yang berukuran sesuai dengan jaringan organ yang bakalan diambil.