Mengenal Hematokrit Rendah

Anda mungkin sudah tidak asing lagi dengan yang namanya darah. Salah satu bentuk cairan yang berada di dalam tubuh manusia ini ternyata terdiri dari 3 komponen yang meliputi sel darah merah, sel darah putih, serta plasma darah. Saat anda menjalani serangkaian tes darah untuk tes kesehatan maka di sana akan muncul jumlah hematokrit yang digunakan untuk mengetahui penyakit apa yang ada di dalam tubuh anda. Hematokrit adalah sebuah tes yang membandingkan jumlah sel darah merah dengan jumlah volume darah secara keseluruhan di dalam tubuh manusia. Pemeriksaan hematokrit di dalam tubuh manusia ini merupakan pemeriksaan darah lengkap untuk mendeteksi anemia.

Saat anda melakukan tes hematokrit biasanya perbandingan dari jumlah sel darah merah dengan jumlah volume keseluruhan di dalam tubuh anda ini tidak melebihi 7%. Dan apabila hasil dari tes hematokrit anda memperlihatkan hasil yang rendah maka itu dapat menjadi sebuah pertanda telah terjadi gangguan-gangguan di dalam tubuh anda. Hematokrit rendah dapat menjadi tanda bahwa anda memiliki penyakit tertentu seperti anemia, rendarahan di dalam tubuh, gagal ginjal, bahkan leukimia. Selain itu juga rendahnya hematokrit dapat juga terjadi dikarenakan oleh kehamilan, selesai mendonorkan darah, dan pendarahan hebat.

yang harus anda lakukan saat jumlah hematokrit rendah adalah berkonsultasi dengan dokter untuk membicarakan apa yang menjadi penyebab dari rendahnya hematokrit tersebut. setelah anda melakukan konsultasi bersama dokter barulah anda melakukan pengobatan untuk meningkatkan jumlah hematokrit. Pengobatan yang dilakukan ini akan sangat bervariasi karena disesuaikan dengan penyebab terjadinya hematokrit rendah. Dan cara yang paling efektif dalam meningkatkan jumlah hematokrit tersebut dengan mengubah pola makan menjadi lebih sehat. Selain itu juga anda harus mulai melakukan olahraga yang dapat membantu meningkatkan jumlah oksigen ke dalam darah. Anda dianjurkan untuk mengkonsumsi berbagai macam makanan sehat yang banyak mengandung vitamin serta zat besi yang baik untuk tubuh anda.

Berikut ini adalah makanan yang menjadi rekomendasi untuk mengobati hematokrit rendah anda

  • Mengkonsumsi makanan yang kaya akan zat besi

Makanan-makanan yang kaya akan zat besi adalah daging-dagingan seperti daging sapi ataupun daging ayam. Selain itu anda juga dapat mengkonsumsi seafood yang mengandung banyak zat besi seperti kerang, ikan, serta tiram. Makanan-makanan tersebut dapat anda konsumsi karena merupakan makanan yang kaya akan zat bezi dan tentunya memiliki dampak positif bagi tubuh anda.

  • Mengkonsumsi makanan yang kaya akan vitamin C

Selain mengkonsumsi makanan yang kaya zat besi, tubuh juga memerlukan asupan makanan yang kaya akan vitamin C untuk meningkatkan proses penyerapan zat besi di dalam saluran pencernaan. Saat anda melakukan program untuk meningkatkan jumlah hematokrit di dalam tubuh cobalah untuk mengkonsumsi buah-buahan dan sayur-sayuran seperti buah sitrus atau brokoli.