Kehamilan

Mengenal Lebih Jauh Flek Coklat Tanda Hamil

Gejala kehamilan tidak hanya tandai dengan satu hal saja. ada berbagai gejala kehamilan yang bisa diidentifikasi bahkan sebelum ibu melakukan pemeriksaan ke dokter kandungan. Salah satunya ialah dengan mengamati jika ada flek coklat tanda hamil. Namun flek coklat yang muncul sebagai tanda kehamilan tentu saja tidak bisa disamakan dengan ketika ibu mengalami pra menstruasi. Pada dasarnya, ada berbagai macam gejala yang muncul ketika kehamilan terjadi. Bagi ibu yang baru hamil untuk pertama kali, munculnya darah atau flek coklat bisa dianggap sebagai gejala pra menstruasi. Jika keluarnya darah diluar masa menstruasi maka ini bisa cukup mengejutkan ibu.

Penting untuk diketahui bahwa keluarnya flek atau perdarahan ringan diawal mula kehamilan disebabkan karena terjadinya proses pelekatan sel telur yang dibuahi pada dinding rahim atau dalam istilah medis disebut dengan proses implantasi.  Jika ibu sudah dikonfirmasi positif mengandung, kemudian setelahnya timbul bercak atau flek yang mirip dengan haid maka hal tersebut adalah wajar. Namun begitu, penting untuk ibu memeprhatikan hal-hal berikut:

  • Flek coklat maupun darah yang keluar dari vagina tidak dalam jumlah yang banyak dan hanya berupa bercak-bercak saja. Jika volume flek coklat dikuti dengan keluarnya darah dalam volume yang semakin deras maka ini patut diwaspadai karena bisa menjadi indikasi adanya gangguan kesehatan yang serius dan bukan menjadi pertanda kehamilan.
  • Flek coklat tanda hamil tidak keluar diikuti dengan keluarnya jaringan. Jika justru hal tersebut terjadi, maka disarankan untuk ibu tidak segera membuang jaringan tersebut untuk berjaga jika dokter membutuhkannya untuk melakukan pemeriksaan yang lebih menyeluruh.
  • Flek coklat ataupun bercak darah yang keluar sebagai tanda kehamilan tidaklah disertai dengan munculnya gejala lain seperti pusing, pingsan, atau kedinginan bahkan demam diatas 38 derajat celcius. Perdarahan yang mengikuti keluarnya flek coklat memang bisa terjadi sebagai tanda kehamilan namun pendarahan yang normal hanya menyebabkan rasa kram dan itupun tidak dialami oleh setiap ibu diawal kehamilan. Jika pendarahan diikuti pusing, demam atau pingsan maka bisa mengindikasikan adanya gangguan kesehatan yang lebih serius.
  • Keluarnya flek coklat tanda hamil biasanya tidak berlangsung lama. Ia biasanya hanya terjadi selama satu atau dua hari saja. Jika flek coklat atau pendarahan yang keluar terus terjadi selama beberapa hari maka disarankan untuk ibu memeriksakan diri ke dokter kandungan untuk diketahui secara pasti kondisi kesehatan ibu yang sebenarnya.

Munculnya flek coklat memang bisa menjadi tanda awal kehamilan. Namun memang disarankan untuk ibu memperhatikan gejala kehamilan lainnya misalnya mual dan pusing dipagi hari, terlambat datang bulan, dsb. Kemudian, ibu bisa melakukan tes kehamilan menggunakan test pack. Jika hasilnya positif maka ibu bisa melakukan pemeriksaan lebih lanjut ke dokter kandungan atau bidan. Namun jika ternyata test pack menunjukkan hasil yang negatif dan ibu tetap mengeluarkan flek coklat diluar masa haid, maka ini harus diwaspadai. Bisa saja ini menjadi tanda adanya gangguan kesehatan serius. Pastikan untuk ibu memeriksakan diri ke dokter terpercaya untuk diketahui diagnosa dan tindakan yang tepat.

Jika flek coklat tanda hamil menunjukkan hasil positif bahwa ibu sedang mengalami masa awal kehamilan, maka ibu harus lebih memperhatikan kondisi kesehatan. Ini karena dimasa-masa awal kehamilan, kondisi janin masih sangat rentan terhadap berbagai resiko yang bisa mengganggu kandungan ibu.