Mengenal lebih jauh mengenai penyakit stroke

Berbicara mengenai penyakit memang banyak sekali macamnya yang bisa kita ketahui. Mulai dari penyakit yang tergolong ringan hingga penyakit yang terbilang kronis sekalipun. Salah satu penyakit yang akan kita bahas saat ini adalah penyakit stroke. Stroke menjadi salah satu jenis penyakit yang bisa di timbulkan saat pasokan darah menuju ke bagian otak telah terganggu. Sehingga otak pun tidak akan mendapatkan suatu aliran darah yang dibutuhkan. Jika kondisi seperti ini anda biarkan begitu saja maka sel otak pun bisa mati .

Lantas apa sajakah gejala dari penyakit stroke yang sering dirasakan oleh penderitanya. Berikut inilah berbagai gejala yang sering di alami oleh penderita stroke, di antaranya:

  • Merasakan sakit kepala

Apabila anda secara tiba-tiba merasa sakit kepala yang telah disertai dengan muntah bahkan kesadaran anda semakin menurun, bisa saja hal ini sebagai pertanda bahwa anda akan mengalami penyakit stroke.

  • Beberapa bagian tubuh mati rasa

Jika ada beberapa bagian tubuh anda merasakan lemah bahkan seakan mati rasa, ini bisa jadi sebagai penanda bahwa anda terserang penyakit stroke. Jika anda tidak segera menanganinya bisa jadi tubuh anda bakalan lumpuh. Bahkan sebagai pertanda stroke bisa anda rasakan saat anda sednag tersenyum dimana salah satu sisi bibir anda akan merasa lebih berat untuk bisa tersenyum.

  • Mengalami masalah untuk berjalan

Tentunya anda penderita penyakit stroke akan kehilangan keseimbangan pada tubuhnya apalagi saat ia akan berjalan.

  • Mengalami masalah untuk berbicara maupun memahami

Kemungkinan besar anda yang terkena stroke akan merasa kesulitan dalam berbicara. Biasanya seakan cadel untuk bisa mengucapkan sesuatu. Bahkan selain itu biasanya anda merasa kurang bisa untuk bisa memahami sesuatu.

  • Mengalami suatu masalah pada penglihatan

Bagi anda penderita stroke biasanya akan mengalami suatu masalah pada penglihatannya, dimana penglihatan terlihat semakin kabur.

Penyebab terkena penyakit stroke yang perlu kita ketahui

Jika anda sudah mengalami berbagai gejala diatas, sebaiknya anda segera mencari cara untuk mengobatinya. Karena jika anda biarkan begitu saja dalam kurun waktu yang lebih lama, bisa saja penyakit ini tidak bisa ditangani dengan  baik.

Setelah kita mengetahui berbagai gejalanya, kini anda juga harus tahu apa saja penyebab penyakit stroke ini. Inilah berbagai penyebab adanya penyakit stroke yang perlu anda ketahui. Yaitu:

  • Berusia 55 tahun keatas
  • Ada riwayat keluarga yang mengidap stroke
  • Kaum pria lebih beresiko terkena stroke
  • Memiliki tekanan darah tinggi
  • Kadar kolesterol dalam tubuh tinggi
  • Mengalami gangguan tidur
  • Obesitas atau kelebihan berat badan
  • Jarang sekali berolahraga
  • Memiliki kebiasaan merokok

Pengobatan yang bisa anda tempuh untuk menyembuhkan penyakit stroke

Setiap detik dari kehidupan memang perlu kita perhitungkan. Ada baiknya anda  melakukan pengobatan secepat mungkin jika anda sudah mengalami berbagai gejala diatas. Jangan sampai anda membiarkannya begitu saja hingga memperburuk kondisi kesehatan tubuh anda. Jika penyakit stroke ini semakin lama dibiarkan tentunya semakin besar juga kerusakan maupun cacat yang ada pada otak.

Sebelum akhirnya anda melakukan suatu pengobatan, biasanya sang dokter pun akan mengevaluasi jenis stroke yang sedang anda alami. Inilah beragam pemeriksaan yang sering dilakukan apakah anda telah terkena stroke. Di antaranya:

  • Melakukan tes darah

Tentunya dengan dilakukannya tes darah ini maka kadar gula yang ada dalam darah bisa dilihat oleh dokter. Bahkan dengan pemeriksaan ini maka sang dokter pun bisa mengetahui apakah sebelumnya anda pernah alami infeksi.

  • Melakukan pemeriksaan secara fisik

Sang dokter biasanya akan mengajukan beragam pertanyaan mengenai gejala yang dialami sebelum ia memeriksakannya ke dokter. Sang dokter pun biasanya akan mengajukan suatu pertanyaan apakah ia pernah mengalami suatu cedera pada kepala. Sang dokter pun juga akan memeriksa riwayat dari keluarga anda.

  • Melakukan CT Scan

Biasanya sang dokter akan melakukan suatu pemeriksaan otak dengan menggunakan CT Scan. Biasanya dokter bakalan menggunakan serangkaian sinar   X yang mampu menggambarkan organ otak mereka. Dari hasil pemeriksaan ini maka akan terlihat apakah anda mengalami pendarahan pada otak anda.

Lantas bagaimanakah caranya supaya kita bisa terhindar dari penyakit stroke ini? Pastinya banyak sekali hal yang bisa anda tempuh agar anda bisa menerapkan suatu pola hidup sehat dan bisa terhindar dari penyakit stroke ini. Inilah berbagai macam rekomendasi untuk gaya hidup sehat yang bisa anda terapkan dalam keseharian anda. Di antaranya:

Selalu mengontrol tekanan darah

Salah satu cara yang bisa anda lakukan supaya anda bisa terhindar dari penyakit stroke ini pastinya dengan mengontrol tekanan darah. Apabila anda terkena penyakit ini, menurunkan tekanan darah menjadi salah satu solusi yang paling tepat supaya anda bisa terhindar dari penyakit tersebut. Ada baiknya anda melakukan olahraga secara teratur, selalu menjaga berat badan, mengelola stress hingga melakukan pembatasan jumlah natrium maupun alcohol yang telah anda konsumsi.

Kelola diabetes

Biasanya penyebab dari adanya penyakit stroke ini adalah kadar gula dalam darah yang tergolong begitu tinggi. Maka dari itu, sebaiknya anda kelola diabetes anda dengan berolahraga, mengontrol berat badan, melakukan diet sehat bahkan juga konsumsi obat yang bisa menangani penyakit tersebut.

  • Menghentikan kebiasaan merokok

Tahukah anda bahwa kebiasaan buruk anda dengan merokok ini semakin meningkatkan resiko terkena penyakit stroke. Bukan hanya seorang perokok saja namun juga orang yang mengisap rokok bisa juga terkena dampaknya. Maka dari itu, sebaiknya anda hentikan kebiasaan merokok agar resiko terkena stroke bisa diminimalisir.

  • Konsumsi buah dan sayuran

Ternyata buah dan sayuran juga bagus untuk kesehatan tubuh anda. Selain itu buah dan sayuran ini bisa menghindarkan anda dari penyakit  stroke.

  • Menghindari berbagai obat terlarang

Memang sudah seharusnya anda menghindarkan diri anda dari obat-obatan yang terlarang. Dengan begitu resiko terkena stroke pun bisa kita hindarkan.

  • Selalu menjaga berat badan

Jika anda kelebihan berat badan, maka resiko terkena penyakit stroke pun semakin ada. Ada baiknya anda mengurangi berat badan anda hingga anda bisa dapatkan berat badan yang ideal.

  • Kurangi konsumsi alkohol

Tahukah anda bahwa alkohol menjadi salah satu penyebab timbullah penyakit stroke. Jika anda mengkonsumsi minuman beralkohol dalam jumlah yang tinggi, maka resiko terkena stroke pun juga tinggi.

Itulah tadi berbagai macam penanganan yang bisa anda lakukan agar anda bisa terhindar dari penyakit stroke. Jika anda sudah merasakan berbagai gejala diatas, ada baiknya anda segera memeriksakan kondisi kesehatan tubuh anda ke dokter. Jangan sampai semuanya terlambat dan semakin memperburuk kondisi kesehatan tubuh anda. Karena bagaimanapun juga stroke ini menjadi salah satu penyakit yang parah dan harus anda hindari jangan sampai terkena penyakit tersebut. Sebisa mungkin terapkanlah pola hidup sehat supaya anda bisa terhindar dari penyakit stroke.