Mengenal lebih jauh tentang penyakit serangan jantung

Sekarang ini memang banyak sekali jenis penyakit kronis yang bisa diderita manusia. Entah apapun itu semuanya membutuhkan penyembuhan yang cukup lama. Bahkan ada pula penyakit kronis yang sering kambuh jika mendengarkan sebuah berita yang membuat hatinya terkejut. Seperti halnya serangan jantung. Serangan jantung merupakan suatu kondisi saat pasokan darah menuju ke jantung sedang terhambat. Dalam kondisi seperti ini tentu saja tergolong darurat sekali. Jika aliran darah menuju ke jantung terhambat maka otot jantung pun akan mengalami kerusakan dan bisa berakibat fatal bagi anda.

Tentunya serangan jantung ini bisa terjadi karena berbagai gejala yang ada. Mungkin diantara anda masih banyak yang belum mengerti mengenai gejala dari penyakit jantung ini. Jika anda merasa penasaran, inilah berbagai gejala yang sering dirasakan penderita serangan jantung. Di antaranya:

  • Terasa nyeri pada bagian dada
  • Merasakan sesak napas
  • Terasa pusing atau lemah
  • Merasa cemas atau gelisah

Jika anda sudah merasakan berbagai hal diatas, sebaiknya anda segera memeriksakan kesehatan tubuh anda ke dokter. Lebih baik anda segera menanggulangi nya sebelum terlambat. Sebenarnya serangan jantung ini tidak terpaku pada keparahan sakit dada yang telah dirasakan. Belum tentu sakit dada dirasakan oleh semua orang yang menderita sakit jantung. Terkadang rasa sakitnya terbilang ringan.

Maka dari itu, penting sekali bagi anda mewaspadai segala gejala yang mungkin terjadi. Untuk lebih amannya tentu saja segera periksa ke dokter supaya anda bisa mendapatkan pelayanan kesehatan dalam waktu yang lebih cepat dan juga tepat.

Ketahuilah penyebab dari serangan jantung

Tahukah anda bahwa penyebab utama dari serangan jantung tentu saja penyakit jantung koroner. Penyakit jantung koroner ini bisa saja terjadi karena pembuluh darah utama yang menjadi pemasok darah ke jantung tersumbat. Sumbatan tersebut bisa saja terjadi karena tibunan kolesterol yang ada dalam tubuh.

Jika plak retak, tentunya bisa menimbulkan suatu penggumpalan darah. Hingga akirnya darah yang menggumpal tadi bisa menghambat pasokan darah dan juga oksigen menuju ke jantung melalui pembuluh darah koroner. Kondisi seperti itulah yang bisa menyebabkan seseorang terkena penyakit jantung.

Perlu anda ketahui pula bahwa ada berbagai faktor juga yang bisa meningkatkan resiko terkena penyakit jantung koroner. inilah berbagai faktor yang mampu meningkatkan adanya suatu resiko penyakit jantung koroner. Di antaranya:

  • Merokok. Pastinya anda sudah tahu bahwa merokok bisa menimbulkan serangan jantung. Maka dari itu sebaiknya anda hindarkan diri anda dari kebiasaan merokok.selain tidak bagus untuk kesehatan ternyata juga bisa membawa dampak buruk dengan terkena serangan jantung.
  • Diabetes. Jika anda terlalu banyak mengkonsumsi gula, yang ada anda hanya akan terkena penyakit diabetes. Untuk itu anda harus memperhatikan asupan gula yang telah anda konsumsi supaya anda terhindar dari diabetes.
  • Memiliki Kolesterol tinggi.
  • Terlalu sering mengkonsumsi makanan yang mengandung lemak
  • Memiliki tekanan darah tinggi

Pengobatan yang bisa dilakukan pada serangan jantung

Serangan jantung bisa dibilang sebagai kondisi medis yang terbilang darurat dan perlu mendapatkan penanganan secepatnya. Ada baiknya anda segera memeriksakan kesehatan anda ke rumah sakit yang terdekat. Sebab takutnya seseorang dicurigai terkena serangan jantung.

Suatu penanganan pertama yang bisa anda lakukan yakni dengan mengkonsumsi aspiri dengan dosisnya yang normal sekitar 300 mg. dengan obat tersebut dirasa bisa membantu anda dalam hal mengencerkan darah bahkan juga bisa mengurangi suatu resiko adanya serangan jantung yang lebih lanjut. Biasanya pengobatan yang sering diberikan kepada mereka yang menderita serangan jantung tentu saja obat –obatan yang mampu melarutkan suatu gumpalan darah. Pengobatan yang bakalan dilakukan biasanya juga disesuaikan dengan tingkat keparahan dari penderita penyakit tersebut.

Jika serangan jantung ini terlambat untuk di tangani, biasanya akan menimbulkan berbagai komplikasi yang cukup serius bahkanbisa saja berujung pada kematian. Inilah berbagai komplikasi yang mungkin terjadi sebagai akibat dari serangan jantung yang terjadi. Berikut inilah komplikasi yang sering terjadi yakni:

  • Gagal jantung. Kondisi seperti ini memang bisa terjadi ketika jantung tak mampu lagi memompa darah hingga ke seluruh tubuh dengan efektif. Gagal jantung bisa terjadi dikarenakan ada kerusakan pada otot jantung secara permanen sebagai akibat dari serangan jantung.
  • Syok kardiogenik. Kondisi seperti ini biasanya suatu kondisi dimana otot jantung sedang rusak parah bahkan tidak mampu lagi untuk memasok darah menuju ke tubuh dengan baik. Jika sudah begini maka fungsi tubuh anda pun tak mampu lagi berjalan dengan baik.
  • Aritmia. Suatu kondisi saat detak jantung menjadi tidak normal. Jika jantung sudah berdegup terlalu kencang dan akhirnya justru berhenti untuk berdetak maka anda perlu mewaspadainya.

Biasanya bagi penderita penyakit serangan jantung jika sudah disertai dengan adanya komplikasi maka kebanyakan dari mereka akan meninggal dunia. Jadi waspadailah saat penyakit serangan jantung yang anda alami ini sudah disertai dengan adanya komplikasi. Karena hal itu sebagai suatu pertanda bahwa penyakit anda sudah terlalu parah bahkan banyak yang tak tertolong lagi.

Peluang hidup sekaligus pemulihan bagi penderita serangan jantung

Bagi seseorang yang sudah terkena serangan jantung tentunya ia harus benar-benar menjaga kesehatan tubuhnya. Seseorang  bisa kembali puloh dari penyakit tersebut tergantung pada tingkat kerusakan otot jantung mereka. Ada yang membutuhkan waktu lama hingga berbulan-bulan ada pula yang hanya membutuhkan waktu beberapa minggu saja untuk bisa memulihkannya.

Tujuan adanya proses pemulihan yang dilakukan pada penderita serangan jantung ini tentunya banyak sekali. Inilah berbagai tujuan dari proses pemulihan, yakni:

  • Mengurangi suatu resiko terkena serangan jantung. Pastinya langkah ini bisa saja anda lakukan dengan cara merubah gaya hidup anda. Termasuk dalam hal konsumsi obat-obatan hingga merubah menu makanan anda.
  • Bisa mengembalikan kebugaran tubuh. Tentunya hal ini memiliki tujuan supaya anda bisa melakukan berbagai aktivitas yang anda butuhkan kesehariannya.

Biasanya bagi mereka pasien yang mengalami serangan jantung meninggal dunia sebelum sampai di rumah sakit. Biasanya bagi mereka yang menderita seragan jantung bisa bertahan dalam kurun waktu selama sebulan lamanya tentu saja kemungkinan besarnya mereka mampu bertahan hidup dengan baik.

Biasanya bagi mereka yang menderita serangan jantung akan memiliki peluang untuk hidup. Peluang hidup ini juga bergantung pada beberapa hal yakni:

  • Usia pasien. Apabila usia seseorang yang menderita serangan jantung ini semakin tua, biasanya komplikasi penyakitnya pun juga akan bertambah.
  • Tingkatan keparahan dari penyakit serangan jantung. Tentunya peluang seseorang untuk hidup tergantung pula pada seberapa parah kerusakan yang terjadi pada otot jantungnya.
  • Waktu yang anda butuhkan untuk mendapatkan pertolongan. jika semakin lama penanganan serangan jantung, yang ada peluang hidup anda juga semakin berkurang saja.

Itulah tadi sedikit penjelasan mengenai penyakit serangan jantung. Jika di rasa anda merasakan berbagai gejala seperti diatas sebaiknya anda segera memeriksakan kondisi kesehatan tubuh anda ke dokter.