Kesehatan

Mengenal penyakit paru-paru basah sekaligus cara penyembuhannya

Saat ini jika kita membicarakan mengenai penyakit kronis tentunya lumayan banyak jenisnya. Dan salah satu penyakit kronis yang muncul dan diderita masyarakat adalah penyakit paru-paru basah. Penyakit yang satu ini terbilang ringan namun bisa menjadi serius bahkan berbahaya untuk nyawa penderitanya.  Meskipun begitu, penyakit paru-paru basah ini nyatanya bisa dicegah dengan cara selalu menjaga kebersihan dari adanya kuman, menerapkan pola hidup yang tergolong sehat bahkan bisa juga dengan berhenti merokok maupun mengurangi konsumsi minuman yang mengandung alkohol.

Paru-paru basah merupakan suatu penyakit yang terjadi sebagai akibat dari adanya infeksi yang telah memicu terjadinya inflasi pada kantong udara maupun bagian dari paru-paru. Biasanya penyakit tersebut bisa saja terjadi karena adanya jamur, terkena infeksi virus bahkan bisa juga adanya bakteri yang menyerang sistem pernapasan anda. Jika sudah begini kita harus bisa mencegahnya agar penyakit tersebut bisa hilang dan kesehatan tubuh kita pun semakin pulih kembali.

Ternyata ciri dari penyakit paru-paru basah ini telah memiliki tahapan yang cukup bervariasi mulai dari yang ringan hingga berat sekalipun. Ciri dari penyakit paru-paru basah ini bisa terlihat ketika kondisi alveolus telah berisi suatu cairan yang mampu membuat penderitanya merasa kesulitan dalam bernapas. Pada umumnya penyakit tersebut bisa disebabkan oleh adanya infeksi bakteri bahkan sebagian kecil kasus yang lainnya dikarenakan adanya suatu serangan virus.

Gejala umum yang sering terjadi pada penderita penyakit paru-paru basah

Kini penyakit paru-paru basah menjadi penyakit yang dinyatakan serius dan menjangkiti anak-anak bahkan juga seorang penderita penyakit paru yang sudah kronis. Maka dari itu vaksinasi pneumonia perlu segera diberikan supaya bisa terhindari dari beragam jenis pneumonia maupun penyakit mematikan yang lainnya.

Pastinya kita pun juga perlu mengetahui berbagai gejala yang sering muncul sebagai pertandan bahwa anda terkena penyakit paru-paru basah. Jika anda sudah melihat beragam kemunculan gangguan ini, sebaiknya anda perlu waspada. Inilah berbagai penyakit gejala dari paru-paru basah yang perlu anda ketahui. Yaitu:

  • Rasa nyeri pada dada semakin parah
  • Mengalami batuk kering yang disertai dahak dan juga mengi
  • Kesulitan untuk bernapas bahkan napas terasa cepat
  • Merasa demam, terasa menggigil bahkan sering berkeringat
  • Nafsu makan seakan hilang
  • Terasa nyeri otot
  • Merasa mual dan ingin muntah

 

  • Jantung semakin berdebar

Jika anda sudah merasakan sejumlah gejala tersebut, ada baiknya anda segera mengubungi dokter agar anda segera mendapatkan pertolongan medis. Apalagi jika anda sudah mengalami gejala yang lainnya seperti halnya warna kulit yang semakin membiru karena kekurangan oksigen, batuk berdarah, merasakan linglung bahkan juga demam yang terbilang tinggi diatas 39 derajat celcius. Anda perlu waspada ketika anda sudah merasakan berbagai gejala tersebut.

Jika membicarakan penyakit paru-paru basah ternyata penyakit tersebut telah terbagi menjadi berbagai jenis berdasarkan pada penyebab umumnya. Inilah berbagai jenis penyakit paru-paru basah yang perlu anda ketahui. Antara lain:

Pneumonia yang diakibatkan virus

Banyaknya kasus yang terjadi, ternyata infeksi virus yang terjadi pada sistem pernpasan anda bisa memicu hadirnya penyakit paru-paru basah dan biasanya akan menyerang lansia maupun anak-anak. Biasanya kondisi saat sedang flu bisa semakin memperparah kondisi pneumonia. Apalagi jika terjadinya pada ibu hamil. Apalagi kalau sampai bakteri sudah menyerang tubuh anda.

Pneumonia akibat dari bakteri

Biasanya jenis penyakit yang satu ini sering menyerang berbagai usia dan bahkan akan brkembang setelah flu semakin parah. Adanya suatu bakteri Pneumocystis jiroveci ini terkadang bisa anda temukan pada mereka yang menderita HIV maupun Aids sehingga system imunitas tubuh mengalami penurunan. Jika sudah begini, tubuh anda pun terasa sulit sekali untuk bisa melawan infeksi yang hadir.

Pneumonia akibat dari mikroplasma

Meskipun mikroplasma ini tidak tergolong sebagai virus maupun bakteri, namun organisme ini ternyata memiliki sifat kedua-duanya. Mikroplasma ini menjadi salah satu agen paling kecil sebagai penyebab adanya penyakit paru-paru basah yang tergolong ringan sekali bahkan bisa saja menyerang dewasa muda maupun anak-anak sekalipun.

Pneumonia tipe lain

Penyakit pneumonia tipe lain yang satu ini biasanya sering menyerang system imun inang yang terganggu dengan adanya suatu penurunan yang terjadi pada kinerja system imun.jenis pneumonia tipe lain ini adalah penumocystis carinii yang umumnya bisa saja menyerang pengidap human immunodeficiency virus.

Itulah tadi berbagai macam jenis penyakit paru-paru basah berdasarkan pada penyebabnya. Setidaknya anda semakin tahu mengenai penyakit tersebut sehingga anda pun bisa mengambil langkah yang paling tepat untuk bisa menanggulangi penyakit tersebut.

Cara paling tepat dalam mencegah penyakit paru-paru basah

Tentunya siapapun tidak ingin menderita penyakit paru-paru basah ini. Kini pencegahan pada penyakit tersebut sebenarnya bisa anda lakukan hanya dengan menerapkan suatu pola hidup yang sehat. Hindarilah kebiasaan buruk yang mampu membuat kondisi tubuh anda semakin buruk. Bahkan ada pula tindakan lain yang bisa anda lakukan untuk mencegah penyakit paru-paru basah ini. Antara lain:

  • Menutup hidung dan mulut dengan menggunakan sapu tangan saat anda sedang bersin.
  • Selalu menjaga kebersihan agar bisa menangkal adanya penyebaran kuman. Caranya cukup mudah dengan selalu mencuci tangan secara rutin untuk menghindarkan adanya penularan kuman dari orang lain.
  • Membuang tisu yang bisa memicu adnaya kuman yang bisa tumbuh bahkan menyerang mulut.
  • Segera konsultasi ke dokter saat kondisi kesehatan semakin menurun. Jika anda sudha merasakan berbagai gejala paru-paru basah, ada baiknya anda memeriksakan kondisi kesehatan tubuh anda ke dokter.

Bahkan kini juga tersedia berbagai cara paling efektif yang bisa anda lakukan untuk mengobati penyakit paru-paru basah ini. Di antaranya:

  • Memijat bagian lutut kebawah sampai pada bagian telapak kaki
  • Menekan bagian celah tulang kering dan juga tulang betis sekitar 10 menit saja
  • Konsumsi air hangat sebanyak satu gelas
  • Melakukan pijatan dengan minyak goreng yang bersih
  • Oleskan minyak goreng pada badan setiap malamnya saat anda akan tidur

Di samping semua hal diatas, ternyata ada pula berbagai pantangan yang harus anda ketahui bagi penderita penyakit paru-paru basah ini. Lantas apa sajakah pantangannya? Berikut di antaranya:

  • Jangan mandi saat malam hari melainkan langsung tidur
  • Jangan tidur dengan pakaian yang tebal
  • Hindarkan menyalakan kipas angin saat anda sedang tidur

Dengan memahami segala gejala paru-paru basah sekaligus cara pengobatan maupun pantangannya ini. Maka anda bisa mengerti apa yang bisa anda lakukan saat anda sudah merasakan berbagai gejala diatas. Memang sebaiknya anda segera memeriksakan kondisi tubuh anda ke dokter saat anda sudah merasakan berbagai gejala serius seperti di atas. Jangan sampai semuanya terlambat dan bisa berakibat buruk bagi kesehatan tubuh anda.