Mengenal Penyebab Varises

Varises adalah pembesaran pembuluh darah vena yang terletak di bawah permukaan kulit yang biasanya terletak di bagian kaki. Tak hanya di kaki saja, ternyata varises juga dapat terjadi pada bagian vena esofagus (kerongkongan). Varises esofagus ini dapat terjadi juga pada bagian-bagian tubuh lainnya seperti anus, bawah lidah, kantung buah zakar, dan lain-lain.

Banyak yang mengenal bahwa varises merupakan kondisi dimana ada kelainan pembuluh darah yang ada di kaki akan terlihat lebih menonjol. Namun tak ada salahnya apabila kita mengenal terlebih dahulu apa saja penyebab varises yang bisa saja terjadi pada tubuh kita sendiri. Penyebab awal terjadinya varises pada tubuh ini dikarenakan pada dinding pembuluh darah menjadi lemah pada bagian-bagian tertentu, lalu bagian ini akan membuat pembuluh darah vena akan melebar dan menjadi lebih menonjol.

Jika terjadi pelebaran pada pembuluh darah vena maka dapat menimbulkan kebocoran dan darah bisa saja mengalir balik dan dapat berbahaya. Oleh karena itu untuk mencegah terjadinya varises pada tubuh, ada baiknya kita mengenal penyebab-penyebab yang mengakibatkan terjadinya varises itu sendiri. Dan berikut ini adalah penyebab-penyebab dari varises:

  1. Kehamilan

Varises biasanya akan ketahuan ketika perut ibu hamil mulai membesar. Saat perut ibu hami sudah mulai membesar volume darah semakin meningkat sehingga dapat memberikan tekanan pada vena. Oleh karena itu terbentuklah varises pada ibu hamil.

  1. Pengaruh Umur

Semakin tua umur manusia akan mempengaruhi elastifitas vena yang semakin lama akan semakin menurun kondisinya. Saat vena tidak seelastis dulu ini dapat membuat kerja katup akan melemah. Jika hal ini terjadi maka darah dapat dengan mudah melawan arus serta mengendap di vena yang dapat menimbulkan varises.

  1. Terlalu Banyak Berdiri

Jika seseorang terlalu banyak berdiri ini ternyata juga dapat mengakibatkan varises pada tubuh mereka. Saat berdiri terlalu lama darah yang ada di vena akan mengalami hambatan dan susah untuk mengalir ke jantung. Karena darah susah mengalir jika seseorang berdiri dalam waktu yang lama ini akan menimbulkan varises dengan mudah.

  1. Faktor Keturunan

Varises juga ternyata dapat menurun dari orang tua yang memiliki riwayat yang sama. Jika ada orang tua atau anggota keluarga lainnya memiliki riwayat varises pada diri mereka, maka besar kemungkinan anda juga akan memiliki riwayat yang sama dengan orang tua atau anggota keluarga lain.

  1. Memiliki Riwayat Obesitas

Memiliki bobot badan yang berlebih atau lebih akrab dikenal dengan obesitas ini juga ternyata dapat menjadi penyebab dari varises. Jika seseorang memiliki bobot badan yang berlebihan maka secara langsung akan menambah tekanan pada pembuluh darah vena yang terdapat di bagian tubuh. Jika tekanan yang dirasakan oleh vena semakin banyak maka besar kemungkinan bahwa varises akan muncul.