Mengenal Sinusitis

Sinus adalah sebuah rongga berisi udara yang berada di belakang tulang dahi dan juga tulang pipi. Apabila terjadi suatu peradangan pada bagian dinding sinus itu merupakan penyakit yang dinamakan sinusitis. Penyakit ini dapat menjangkit siapa saja dari segala usia. Terdapat beberapa jenis sinusitis yang harus anda kenali, yaitu sinusitis akut, sinusitis subakut, sinusitis kronis, dan sinusitis kambuhan. Jenis-jenis sinusitis ini diambil berdasarkan seberapa parah penyakit sinusitis yang dialami oleh seseorang.

Gejala yang umum dialami oleh para penderita sinusitis adalah sakit kepala yang kerap terjadi, demam diatas 38o C, sering mengalami hidung tersumbat meski tidak sedang pilek, hidung mengeluarkan cairan seperti lendir berwarna kuning kehijauan, merasa nyeri dibagian wajah bahkan saat ditekan menimbulkan rasa yang sakit, hilangnya kepekaan pada indera penciuman, serta napas yang mengeluarkan bau. Jika anda merasakan timbulnya gejala-gejala tersebut maka segeralah untuk memeriksakannya ke dokter untuk mendapatkan tindakan medis agar sinusitis yang anda alami tidak bertambah parah.

Saat anda sudah menjalani serangkaian pemeriksaan dan sudah didiagnosis bahwa ada peradangan pada dinding sinus maka anda akan segera ditangani untuk mendapatkan pertolongan. Sinusitis yang masih berada dalam tahap awal atau belum sampai pada tahap kronis yang benar-benar parah dapat dapat anda atasi sendiri di rumah dengan menggunakan pengobatan alami.

Berikut ini adalah serangkaian pengobatan alami yang dapat anda lakukan di rumah untuk mengurangi peradangan yang terjadi di dinding sinus

  1. Menghirup uap air

Karena sinusitis dapat membuat hidung anda tersumbat maka dengan menghirup uap air panas dapat membuat pernapasan anda menjadi lancar. Anda hanya perlu menyiapkan air panas di dalam mangkuk besar lalu menghirup uap air yang keluar dari sana. Cara ini sangat efektif dalam memperlancar pernapasan anda. Meski belum terbukti secara medis, namun cara ini dapat sedikit membantu anda mengurangi rasa tidak nyaman yang ditimbulkan oleh hidung tersumbat yang dialami.

  1. Mengompres hidung dengan air hangat

Saat mengalami sinusitis maka anda akan merasakan ketidak nyamanan pada bagian sekitar hidung yang sangat menyiksa. Untuk itulah anda bisa mengompresnya dengan menggunakan air hangat untuk mengurangi rasa nyeri atau rasa tidak nyaman lainnya yang sering muncul segabai gejala dari sinusitis.

  1. Meminum obat sinusitis yang diberikan oleh dokter

Karena anda sudah memeriksakannya ke dokter maka anda akan mendapatkan beberapa obat untuk menyembuhkan peradangan yang terjadi pada bagian dinding sinus anda agar tidak semakin buruk keadaannya. Obat yang diberikan oleh dokter ini akan mengurangi penyumbata yang terjadi pada daerah sinus. Karena dokter sudah memberikan obat yang tepat untuk mengurangi rasa sakit yang anda rasakan akibat sinusitis maka alangkah baiknya untuk meminum obat yang diberikan dokter sesuai dengan anjuran yang tertera pada bungkus obat. Jadwal meminum obat harus sama sesuai dengan dosis yang sudah ditentukan.