Kesehatan Anak

Mengenali Beragam Masalah Gizi Yang Umum Terjadi Pada Anak Balita

Jika kita membahas mengenai artikel kesehatan anak memang banyak sekali bab yang bisa kita jelaskan. Saat ini kita akan membahas mengenai masalah gizi yang umumnya terjadi pada anak balita. Tahapan perkembangan anak saat usia balita memang begitu rentan dengan beragam penyakit. Hal ini bisa saja kurangnya pantauan dari orang tuanya. Dimana ia kekurangan atau bahkan kelebihan suatu asupan nutrisi tertentu.

 

Banyak sekali masalah gizi yang mungkin sering dialami oleh anak-anak. Apalagi jika asupan gizinya tidak terpenuhi, yang ada kesehatan tubuhnya akan semakin berkurang. Untuk itu, anda juga perlu mengenali berbagai msalah gizi yang sering dialami oleh anak balita anda. Lantas apa sajakah masalah yang sering terjadi? Berikut di antaranya:

Kurangnya asupan protein

Protein ternyata juga penting sekali bagi kesehatan anak. Beragam asupan protein tentunya bisa anda dapatkan demi kesehatan anak anda. Asupan protein bisa anda dapatkan dari beragam protein nabati maupun hewani sekalipun. Pertumbuhan anak anda memang sangat tergantung pada asupan protein dalam tubuh. Maka dari itu sebaiknya anda cukupi kebutuhan protein untuk anak anda.

Kurangnya suatu asupan zat besi

Ternyata masalah gizi pada anak juga bisa terjadi jika asupan zat besi dalam tubuh masih kurang. Jika asupan zat besinya kurang maka beragam gangguan kesehatan pun bisa melanda anak anda. Seperti halnya anemia. Anak anda yang mengalami anemia pastinya memiliki kadar hemoglobin yang begitu rendah dari angka normalnya sehingga suplai oksigen pada organ tubuh pun juga rendah.

Biasanya gejala anemia ini sering terlihat dengan wajah yang pucat terlihat lelah bahkan juga lemas. Bahkan ada berbagai penelitian yang menyebutkan bahwa kekurangan zat besi bisa berhubungan dengan rendahnya kemampuan mengingat pada anak anda. Maka dari itu, anda perlu memberikan asupan makanan yang mengandung zat besi yang tinggi. Seperti halnya kacang-kacangan, daging dan asupan zat besi yang lain.

Kurangnya asupan vitamin A

Jika asupan vitamin A dalam tubuh anak anda masih berkurang, yang ada perkembangan organ penglihatan anak pun akan terganggu. Sehingga penyakit mata sering sekali muncul pada anak karena kurangnya asupan vitamin A. maka dari itu, anda sebagai orang tua harus bisa memastikan bahwa asupan vitamin A yang dibutuhkan oleh anak anda sudah cukup. Anda bisa mendapatkan asupan vitamin tersebut dari keju, bayam, wortel, telur, alpukat, mangga dan lain sebagainya.

Kurangnya asupan zat iodium

Nyatanya zat iodium ini juga berpengaruh pada kesehatan sang anak. Jika asupan iodium dalam tubuh saja berkurang, yang ada bisa berakibat pada pembengkakan pada kelenjar gondok. Selain itu juga bisa memberikan gangguan pada perkembangan fisik maupun fungsi mental anak. Anda bisa mendapatkan asupan zat iodium ini dari stroberi, kentang, keju cedar, lobster dan lain sebagainya.

Obesitas

Jika sebelumnya masalah gangguan gizi bisa terjadi karena kurangnya asupan vitamin dalam tubuh anak. Kini berat badan yang berlebih bisa terjadi pada si kecil hanya karena asupan kalori yang melebihi batasnya. Dengan begitu aktifitas gerak anda pun masih terbilang kurang sekali. Jika anak anda mengalami obesitas yang ada ia bakalan alami gangguan pada pernafasannya bahkan juga komplikasi pada tulangnya. Ada baiknya anda sebagai orang tua selalu mengatur pola makana anak anda supaya mereka bisa mencukupi gizi dalam tubuhnya.

Pastikan nutrisi yang anda berikan sudah seimbang sehingga anak anda tidak akan terkena penyakit obesitas yang mampu menghambat pertumbuhannya. Selain itu, alangkah baiknya anda selalu membiasakan anak anda untuk bisa bergerak lebih aktif dengan melakukan beragam aktifitas olahraga yang ringan. Seperti halnya jalan santai, bersepeda atau bahkan aktifitas lain yang bisa memicu gerakan tubuhnya.

Itulah tadi beragam masalah gizi yang umum terjadi pada anak balita sekaligus harus anda kenali supaya anda bisa menjaga kesehatan tubuhnya. Dengan hadirnya artikel kesehatan anak ini pastinya bisa menjadi solusi yang paling tepat untuk anda dalam menjaga kesehatan tubuh anak anda supaya bisa terhindar dari berbagai penyakit.