Kesehatan

Mengenali Ciri-Ciri Penyakit Diabetes

Penyakit diabetes merupakan penyakit yang kini banyak di derita oleh banyak orang khususnya di Indonesia. Diabetes dapat menyerang tubuh seseorang yang diakibatkan oleh pola makan yang tidak sehat dan juga keturunan. Yang sangat disayangkan adalah banyak orang yang terlambat mengetahui bahwa dirinya terkena diabetes. Mereka yang terkena diabetes baru mengetahui bahwa mereka terserang diabetes ketika kondisinya sudah parah atau sudah membutuhkan begitu banyak perhatian medis.

Padahal apabila kita selaku manusia mengetahui apa saja yang menjadi ciri-ciri dari penyakit diabetes ini tentu penanganan yang harus dilakukan menjadi lebih cepat. Dan semakin cepat ditangani maka akan semakin cepat juga proses pemulihan menuju sembuh. Jika anda mengetahui ciri-ciri atau gejala penyakit ini maka anda dapat mengendalikan gejala tersebut sehingga tidak bertambah parah. Oleh karena itu mengenali ciri-ciri penyakit diabetes sangat penting agar anda memiliki wawasan yang luas untuk segera memeriksakannya ke dokter. Dan berikut ini adalah ciri-ciri penyakit diabetes yang wajib anda ketahui:

  1. Sering buang air kecil (beser)

Sering buang air kecil atau yang dikenal dengan sebutan beser ini adalah ciri-ciri dari penyakit diabetes. Hal yang harus diperhatikan dari ciri-ciri ini adalah anda sering terbangun di malam hari hanya untuk buang air kecil. Saat seorang penderita sering buang air kecil itu tanda dari ginjal sedang berusaha membuang gula darah berlebih yang ada di dalam tubuh. Dan jika anda buang air kecil lebih dari tujuh kali dalam satu hari maka anda harus segera memeriksakannya ke dokter untuk mendapatkan perawatan.

  1. Mudah merasa haus

Seseorang penderita diabetes akan merasa mudah haus dan selalu ingin minum. Hal ini dikarenakan bahwa ia selalu buang air kecil yang mengakibatkan pada rasa haus yang sering kali muncul. Saat tubuh semakin sering mengeluarkan cairan secara automatis tubuh juga membutuhkan asupan cairan yang masuk ke dalam tubuh agar tidak dehidrasi. Dan itulah yang melatar belakangi mengapa penderita diabetes akan merasa mudah haus setiap harunya.

  1. Turunnya berat badan

Turunnya berat badan secara drastis merupakan salah satu ciri dari penyakit diabetes. Hal ini disebabkan oleh kalori yang masuk dalam tubuh dibuang oleh ginjal melalui urine yang keluar. Ginjal akan berusaha membuang kaloriĀ  yang berasal dari kadar gula berlebih dalam tubuh. Selain itu hormon insulin tidak bekerja sebagaimana mestinya sehingga mengakibatkan tubuh mulai mengambil sumber-sumber energi lain, misalnya dari protein dan sebagainya.

  1. Terjadi gangguan pengelihatan

Jika suatu hari anda merasa memiliki gangguan pada pengelihatan sedangkan sebelumnya anda tidak pernah memiliki riwayat gangguan pada mata, maka anda harus berhati-hati dan tidak boleh menganggapnya sepele karena biasa saja ini adalah ciri-ciri dari penyakit diabetes. Karena hal ini dikarenakan gula darah yang berlebih dapat mempengaruhi bentuk lensa pada mata.