Mengenali Gejala-Gejala Kehamilan

Mengalami keterlambatan menstruasi adalah  gejala kehamilan yang sangat umum dirasakan oleh setiap wanita yang ada di dunia ini. Saat terjadi keterlambatan pada menstruasi ini, banyak wanita yang panik dan langsung memeriksanya menggunakan alat tes kehamilan yang sekarang ini sangat mudah dicari. Akan tetapi ketika selesai menggunakan alat tes kehamilan hasilnya masih negatif. Tahukah anda? Ternyata terdapat gejala-gejala lain yang terjadi untuk mendeteksi kehamilan seorang wanita.

Gejala-gejala kehamilan yang dirasakan oleh setiap wanita itu akan berbeda-beda tergantung dengan hormon dan daya tahan tubuhnya. Oleh karena itu, untuk mendeteksi dini terjadinya kehamilan pada seorang wanita, maka anda harus terlebih dahulu mengenali gejala-gejala kehamilan lainnya selain keterlambatan menstruasi yang umum terjadi.

Gejala-gejala kehamilan yang perlu anda kenali

  1. Merasa Mual dan Ingin Muntah (Morning Sickness)

Gejala ini lebih dikenal dengan sebutan morning sickness karena biasanya rasa mual dan ingin muntah ini terjadi di pagi hari. Hal ini diakibatkan oleh penumpukan asam lambung yang terjadi di malam hari. Gejala ini biasanya terjadi di trimester awal saja karena nantinya gejala ini akan hilang perlahan-lahan saat usia kandungan memasuki minggu ke 12 sampai ke 16.

  1. Lebih Peka pada Bebauan

Gejala ini dapat terjadi pada saat awal kehamilan karena indra penciuman ibu hamil jauh lebih peka dan sensitif dari biasanya. Pada gejala ini, ibu hamil akan lebih peka saat mencium aroma-aroma parfum hingga makanan. Biasanya ada aroma-aroma tertentu yang dapat membuat ibu hamil menjadi mual dan ada juga aroma-aroma tertentu yang sangat disukainya saat awal kehamilan.

  1. Kehilangan Nafsu Makan

Gejala kehilangan nafsu makan ini terjadi karena seorang ibu hamil akan merasa tidak nyaman pada sering mual dan muntah yang berimbas pada hilangnya nafsu makan. Selain itu, biasanya saat tengah mengandung indra penciuman seorang ibu hamil akan lebih sensitif dari biasanya. Sehingga membuat ibu hamil akan kehilangan nafsu makan dan memilih-milih makanan.

  1. Mudah Lelah

Gejala mudah lelah terjadi diakibatkan oleh perkembangan hormon serta metabolisme dalam tubuh yang mengalami perubahan. Selain itu, tekanan darah dan kadar gula dalam darah juga ikut menurun yang membuat ibu hamil merasa mudah lelah. Gejala ini terjadi pada awal kehamilan karena tubuh sangat bekerja keras saat melakukan proses pembuatan plasenta di rahim. Oleh karena itu, pada trimester awal seorang ibu hamil harus banyak beristirahat.

  1. Merasa Pusing dan Lemas

Gejala pusing dan lemas ini terjadi diakibatkan oleh kurangnya asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh ibu hamil karena dorongan dari gejala lainnya. Selain itu juga gejala ini terjadi karena tekanan darah yang turun.