Kehamilan

Mengetahui Tahapan Perkembangan Janin 7 Minggu

Menjalani masa-masa awal kehamilan sepert ketika memasuki usia kehamilan 7 minggu memang tidaklah mudah bagi ibu. Dimasa-masa ini, tubuh ibu masih berusaha untuk menyesuaikan diri dengan berbagai perubahan. Namun hal ini tentunya tidak bisa menyurutkan semangat ibu untuk mengetahui dan memastikan bahwa perkembangan janin 7 minggu berjalan dengan lancar. Pada usia ini, janin memang belum terbentuk menjadi tubuh seutuhnya. Ukuran janinpun belum mengalami perubahan yang signifikan. Diusia kehamilan yang mendekati 2 bulan ini, ibu biasanya masih mengalami berbagai keluhan morning sickness.

Berikut adalah berbagai perkembangan yang terjadi pada janin yang memasuki usia 7 minggu didalam kandungan ibu:

  • Jika ukuran janin sebelumnya hanya sebesar biji kacang, maka diusianya yang mencapai 7 minggu ini ia semakin bertambah besar meskipun belum dalam bentuk tubuh yang utuh. Seiring dengan bertambahnya ukuran janin, maka pula ukuran plasenta juga akan semakin membesar untuk menyesuaikan dengan perkembangan janin. Plasenta merupakan bagian penting karena berperan sebagai penyuplai nutrisi dan oksigen untuk tumbuh kembang janin.
  • Janin diusia ini sudah memiliki denyutan jantung. Biasanya jantung janin memiliki denyutan dengan rentang 100-160 denyutan di tiap menitnya. Tentu saja denyutan yang terjadi pada jantung janin ini belum bisa dirasakan oleh ibu. Namun semakin bertambahnya usia janin, maka nantinya ibu akan bisa merasakannya dengan lebih jelas. Biasanya ini terjadi ketika memasuki trimester kedua dan ketiga kehamilan. Pada ¬†perkembangan janin 7 minggu ini, denyutan hanya bisa dideteksi dengan USG.
  • Janin sudah menunjukkan berbagai tonjolan-tonjolan pada tubuhnya yang akan menjadi cikal bakal organ tubuh meskipun memang belum terlihat sangat jelas. Jika waktunya sudah tiba, maka nantinya tonjolan-tonjolan tersebut akan semakin jelas dan membentuk organ seperti mata, kaki, tangan, kepala, dll.
  • Pada usianya ini, syaraf serta sel-sel jaringan tubuh janin akan semakin meningkat jumlahnya. ¬†¬†Syaraf dan sel-sel tersebut sangatlah penting untuk dioptimalkan perkembangannya karena menjadi penopang tumbuh kembang janin secara keseluruhan untuk periode kedepannya.

Diusia kehamilan yang hampir mencapai 2 bulan ini, ibu biasanya masih merasakan berbagai gejala morning sickness yang terkadang menganggu kenyamanan ibu dalam beraktifitas sehari-hari. Maka berikut adalah beberapa tips untuk mengurangi dampak morning sickness yang bisa ibu coba:

  • Disarankan untuk ibu makan dalam porsi kecil namun dengan frekuensi yang lebih sering. Misalnya ibu bisa makan 5 kali dalam sehari dalam porsi kecil. Hal ini berguna untuk meringankan beban kerja lambung dan mengontrol produksi asam lambung yang membuat ibu mual.
  • Hindari beban kerja yang berlebihan karena janin diusia ini masih rentan dengan berbagai guncangan dan benturan bahkan stres yang berasal dari ibu. Jika ibu masih bekerja diusia kehamilan ini, maka pastikan agar ibu mengatur jadwal istirahat dengan baik agar tidak memforsir tubuh dan memperburuk morning sickness.

Momen awal kehamilan adalah momen penting untuk ibu mengoptimalkan tumbuh kembang janin. Ini bisa ibu lakukan dengan cara menjaga asupan makanan dengan selalu memilih memastikan untuk memenuhi kebutuhan istirahat karena diusia kehamilan ini ibu masih sering mengalami morning sickness yang tidak jarang mengganggu kualitus tidur dan istirahat. Pastikan juga untuk tetap melakukan pemeriksaan kehamilan secara rutin pada bidan atau dokter kandungan yang ibu percaya. Dengan begitu, perkembangan janin 7 minggu bisa terus terpantau dengan baik dan ibupun bisa tetap menjalani kehamilan dengan tubuh yang sehat dan kuat.