Mengetahui tanda awal kehamilan di trimester pertama

Anda yang baru pertama kali mengalami kehamilan pasti merasa bingung. Karena sekarang ada satu nyawa lainnya dalam Rahim anda. Anda kerap kali salah menafsirkan tanda awal kehamilan yang terjadi saat trimester awal karena tanda yang muncul sangat mirip dengan menstruasi.

tanda awal kehamilan normal

ada beberapa tanda awal kehamilan yang bisa anda perhatikan di trimester awal kehamilan. Tanda yang disebutkan lumrah terjadi di awal kehamilan anda. Berikut beberapa tanda awal kehamilan yang terjadi pada trimester awal kehamilan anda.

  1. Adanya Perdarahan dan Rasa Kram

Setelah terjadi ovulasi yaitu sekitar 8-10 hari, biasanya akan muncul bercak merah yang kadang disalah artikan oleh para wanita bahwa itu adalah menstruasi hari pertama. Padahal, bercak merah tersebut bisa saja menjadi salah satu tanda kehamilan. Perdarahan bisa menjadi salah satu tanda bahwa embrio sudah menempel pada dinding Rahim. Selain itu rasa kram juga sering muncul saat masa ini. Kram perut yang terjadi lebih teratur dan akan hilang pada kehamilan trimester kedua.

  1. Keputihan

Keputihan di awal kehamilan merupakan hal yang normal. Keputihan yang keluar seperti cairan berwarna putih susu berfungsi untuk menjagaga system reproduksi anda tetap bersih dan juga bebas infeksi. Selain itu cairan tersebut juga melindungi jalan lahirnya bayi dari infeksi kuman dan bakteri. Namun jika keputihan anda memiliki warna yang lain dan berbau sebaiknya anda periksakan ke dokter karena bisa jadi hal tersebut akibat dari infeksi komplikasi kehamilan anda.

  1. Mual di Pagi Hari

hal ini merupakan gejala umum pada ibu hamil, mual muntah yang dialami pada ibu hamil umumnya terjadi di pagi hari yang disebut dengan morning sickness. Mual hingga muntah ini terjadi karenak meningkatnya hormon HCG (Human chorionic Gonadotrophin) secara tiba-tiba yang terjadi pada aliran darah anda. Hormon HCG pun akan meimbulkan rasa mual yang akan terjadi hingga trimester kedua.

  1. Mengidam

Hal ini umum dirasakan oleh ibu hamil, kondisi ini merupakan fenomena saat ibu hamil muda menginginkan sesuatu hal yang tidak biasanya atau tidak umum, baik itu ingin memakan sesuatu, melakukan sesuatu yang tidak biasanya, atau hal-hal yang tidak biasanya. Ibu hamil cenderung menginginkan hal ini dan hal itu, ada mitos yang dipercayai masyarakat, jika keinginan ibu hamil tidak di penuhi, maka akan berpengaruh pada sang jabang bayi.

Selain tanda-tanda di atas, tanda lain seperti pusing, mengantuk, mood swing, juga akan anda alami saat awal kehamilan. Nikmati masa-masa indah di awal kehamilan karena hal tersebut hanya terjadi beberapa kali dalam hidup anda. Demkian artikel mengenai tanda awal kehamilan semoga bermanfaat untuk anda.