Kehamilan

Mengetahui Tanda Pasti Hamil di Minggu Awal Kehamilan

Hamil adalah saat yang paling ditunggu oleh wanita yang sudah menikah. Menantikan kehadiran sang buah hati ditengah-tengah keluarga kecil memang sebuah hal yang sangat menyenangkan. Tentunya anda perlu tahu dan mengenali tanda-tanda kehamilan pada diri anda, Menentukan kehamilan awal seringkali tidaklah mudah. Untuk mengetahui lebih lanjut, mari kita simak artikel mengenai Tanda Pasti Hamil di Minggu Awal Kehamilan.

  1. Muncul Bercah Merah dan Rasa Kram di Perut

Setelah terjadi ovulasi yaitu sekitar 8-10 hari, biasanya akan muncul bercak merah yang kadang disalah artikan oleh para wanita bahwa itu adalah menstruasi hari pertama. Padahal, bercak merah tersebut bisa saja menjadi salah satu tanda kehamilan. Selain itu rasa kram juga sering muncul saat masa ini. Kram perut yang terjadi lebih teratur dan akan hilang pada kehamilan trimester kedua.

  1. Mual Muntah di Pagi Hari

hal ini merupakan gejala umum pada ibu hamil, mual muntah yang dialami pada ibu hamil umumnya terjadi di pagi hari yang disebut dengan morning sickness, dalam batas fisiologis hal ini dapat diatasi hal ini dikarenakan meningkatnya hormon HCG (Human chorionic Gonadotrophin) secara tiba-tiba yang terjadi pada aliran darah anda, juga terjadi ke saluran air kencing, maka dari itu mengetahui kehamilan dapat diketahui melalui testpack.. Hormon HCG pun akan meimbulkan rasa mual yang akan terjadi hingg trimester kedua.

  1. Ukuran Dada Membesar

payudara mebesar, tegang dan seidkit nyeri, hal ini di sebabkan oleh adanya pengaruh hormone estrogen dan progesterone, anda akan merasakan kondisi payudara anda menjadi lebih lembut, hal ini akan terasa sensitif dan menimbulkan rasa sakit ketika di sentuh sedikit saja, perubahan pada putting pun menjadi lebih besar dan berwana menjadi lebih gelap, kadang pula anda akan merasakan gatal, dan pembuluh vena menjadi kentara karena terjadi penegangan pada payudara.

  1. Sering Mengantuk

Rasa mengantuk, rasa lelah yang berlebihan pada ibu hamil dikarenakan adanya perubahan hormonal, dan semakin bertambahnya kinerja dari beberapa organ vital seperti jantung, ginjal, paru-paru, mengapa demikian ? karena organ-organ vital bukan bekerja untuk tubuh ibu saja namun juga bekerja untuk perkembangan janin, hal inilah yang mengakibatkan rasa lelah dan ngantuk yang berlebih pada ibu hamil.

  1. Sakit Kepala

Hal ini terjadi karena fisik merasa lelah, tekanan darah rendah, lapar, mual. Kadangkala ibu hamil merasakan depresi, rasa tegang dan mengalirnya darah ke seluruh tubuh pun bias menjadikan rasa pusing pada ibu hamil.

Untuk lebih jelasnya, anda bisa melakukan tes dengan menggunakan alat tes kehamilan, dan juga berkonsultasi ke dokter kandungan.