Mengobati Stroke Ringan

Apa yang terlintas di pikiran anda ketika mendengar kata stroke? Stroke secara ringkasnya merupakan penyakit yang dikarenakan otak kurang dialiri darah. Namun berbeda dengan stroke ringan, stroke ringan sifatnya hanya sementar. Maksudnya adalah terganggunya fungsi otak untuk sementara waktu karena otak mengalami kekurangan aliran darah. Dalam medis stroke ringan disebutnya transient ischaemic attack (TIA).

Berbagai faktor dapat memicu seseorang terseran stroke ringan. Bisa dari pola makan ataupun gaya hidup yang tidak sehat. Biasanya ketika orang terserang stroke ringan akan mengalami pada perubahan wajah, karena stroke ringan menyebabkan kelemahan otot wajah, sehingga yang terjadi wajah turun ke salah satu sisi atau tidak bisa tersenyum dan lain sebagainya.

Meskipun stroke ringan bisa disembuhkan karena sifatnya hanya sementara, namun jika dibiarkan akan membahayakan kondisi penderita. Bisa saja menjadi stroke permanen, karena sumbatan yang semakin besar maka semakin sedikit pula darah yang mengalir ke otak. Maka perlu perawatan khusus agar segera sembuh.

Sedangkan penyebab stroke ringan karena pola hidup dan makan yang tidak sehat seperti merokok, mengkonsumsi alcohol, tubuh kurang nutrisi, tingginya kadar kolestrol, kegemukan, tekanan darah tinggi dan kurang berolahraga. Maka jika sudah terkena stroke sebaiknya perbaiki pola hidup dan makan.

Nah dalam artikel ini, akan dibahas secara mendetail cara mengobati stroke ringan, selain mengikuti perintah dari dokter. Berikut ini hal yang harus dilakukan oleh penderita stroke ringan :

  1. Konsumsi Obat yang dianjurkan oleh dokter

Dokter akan merekomendasikan obat-obat yang bisa dikonsumsi untuk melancarkan aliran darah ke otak. Biasanya orang menyebutnya obat pengencer darah.

  1. Rutin Berolahraga

Olahraga menjadi salah satu cara untuk memperbaiki pola hidup. Karena banyak sekali manfaat dari olahraga. Dengan berolahraga aliran darah bisa lancar, toksin juga bisa dikeluarkan melalui keringat.

  1. Perbaiki Pola Makan

Bagi anda yang mempunyai kolesterol tinggi sebaiknya hindari makanan yang mengandung kolesterol tinggi seperti daging kamping, daun singkong dan lain sebagainya. Usahakan agar kolestrol anda tetap dalam batas normal. Sedangkan bagi anda yang memiliki diabetes juga perhatikan makanan yang mengandung gula banyak. Agara kolestrol anda juga dalam batas normal. Begitupun dengan yang obesitas, bisa lakukan penurunan berat badan yang sehat seperti berolahraga dan usahakan berat badan tetap ideal. Selain dari segi makanan bagi anda yang merupakan perokok aktif sebaiknya mulai dikurangi bahkan lebih baik berhenti. Hindari juga asap rokok dan jangan mengkonsumsi alcohol dan obat terlarang.

  1. Operasi Stroke Ringan

Operasi ini bisa dilakukan oleh dokter dengan cara pebedahan terhadap arteri karotis dengan kateter melalui arteri femoral di pangkal paha dan menggunakan perangkat seperti balon untuk membuka penyumbatan. Prosedur ini disebutnya Intervensi Karotis Minimal Invasif.

Keempat hal tadi bisa dilakukan oleh penderita stroke ringan. Karena ketika sudah terkena stroke ringan makan kemungkinan terkena stroke ada. Sebaiknya kita cegah seblum mengobati. Mulai dari perbaiki gaya hidup dan pola makan. Semoga BermanfaatJ