Obat Radang Tenggorokan Alami

Radang tenggorokan merupakan hal yang sangat mengganggu karena dapat membuat para penderitanya merasa tersiksa saat menelan makanan. Rasa sakit yang ditimbulkan tersebut dikarenakan oleh dampak dari pita suara yang menegang dan indikasi lainnya seperti pilek atau flu bahkan adanya pembengkakan pada tenggorokan. saat anda dilanda radang tenggorokan maka anda akan mencari jalan keluar untuk meredakan rasa sakit yang menyiksa tersebut. Anda dapat pergi ke dokter untuk mendapatkan obat radang tenggorokan, namun ternyata anda dapat melakukan perawatan pada sakit tenggorokan di rumah dengan bahan-bahan alami.

Berikut ini adalah obat alami pereda radang tenggorokan yang dapat membantu meredakan rasa sakit yang menyiksa

  1. Meminum banyak Air mineral

Meminum banyak air meneral adalah hal yang sangat dianjurkan untuk meredakan radang tenggorokan yang kerap kali menyiksa. Saat anda mengalami radang tenggorokan asupan cairan tubuh harus terpenuhi dengan baik. karena ketika kekurangan cairan tubuh akan memproduksi sedikit lendir dan air liur untuk melembabkan tenggorokan. Dengan meminum air mineral yang banyak maka cairan tubuh akan terpenuhi dengan begitu akan membantu meringankan rasa sakit pada tenggorokan anda yang sangat menyiksa dan mengganggu performa anda dalam berbicara.

  1. Air perasan lemon

Di dalam air lemon terdapat kandungan astringent yang berguna untuk meredakan pembengkakan pada tenggorokan anda. Air lemon yang asam juga dapat mematikan bakteri yang menjadi penyebab radang. Hal yang dapat anda lakukan dengan air lemon adalah mencampurkan 1 sendok air lemon tersebut kedalam satu cangkir air hangat kemudian gunakan air tersebut untuk kumur-kumur. Agar hasilnya cepat anda bisa melakukan hal ini tiga kali sehari untuk meredakan sakit pada tenggorokan anda.

  1. Berkumur dengan Air garam

Berkumur dengan menggunakan air garam dapat membantu untuk meringankan rasa sakit yang mengganggu pada tenggorokan anda. Selain itu juga berkumur dengan air garam dapat mengurangi bengkak yang terjadi pada tenggorokan anda. Air garam mampu mengencerkan lendir yang dapat membuat tenggorokan tetap lembab. Berkumur dengan air garam juga sangat membantu dalam membunuh bakteri penyebab timbulnya rasa sakit di tenggorokan anda. Anda dapat mencampurkan 1 sendok garam dengan satu cangkir air hangat. Aduk hingga garam larut sepenuhnya dan gunakanlah berkumur. Lakukan hal ini hingga beberapa kali dalam satu hari.

  1. Mengkonsumsi permen pelega tenggorokan

Saat anda mengalami sakit pada tenggorokan anda dapat mengkonsumsi permen pelega tenggorokan yang banyak dijual di pasaran. Karena permen-permen tersebut mengandung bahas seperti eucalyptus, ekstrak menthol, dan peppermint yang dapat membuat tenggorokan anda terasa lebih sejuk. Meski efek yang ditimbulkan oleh permen pelega tenggorokan ini hanya sementara namun akan membantu proses penyembuhan dari radang tenggorokan yang terjadi. Permen ini juga dapat membantu meningkatkan produksi air liur yang dapat membuat tenggorokan anda tetap terjaga kelembapannya agar tidak kering.