Kesehatan

Pengobatan rheumatik secara tradisional paling ampuh

Berbicara mengenai penyakit, saat ini memang banyak sekali jenis penyakit yang bisa menyerang kesehatan tubuh kita. Salah satunya yakni rheumatik dimana penyakit yang satu ini sering dikeluhkan orang yang sudah tua. Rheumatik merupakan suatu penyakit yang ditimbulkan oleh rasa sakit akibat dari persendian yang telah mengalami pembengkakan atau bisa dibilang peradangan.

Bahkan untuk penyakit yang satu ini ternyata telah terbagi menjadi berbagai macam jenis. Mungkin di antara anda semuanya belum begitu paham mengenai jenis reumatik. Inilah berbagai jenis rheumatik yang sering di alami oleh manusia. Di antaranya:

Rheumatoid arthritis

Rheumatoid arthritis atau artritis reumatoid merupakan suatu kondisi di saat kekebalan tubuh telah keliru menyerang pada jaringan sendi. Akibatnya sendi yang sudah terserang ini bisa mengalami peradangan.

Osteoartritis

Osteoartritis merupakan suatu penyakit yang menyerang persendian bahkan bisa timbul rasa sakit, bahkan pergerakan sendi pun semakin terbatas seiring dengan berjalannya waktu. Penyakit yang satu ini memang bisa menyerang beragam persendian. Biasanya untuk persendian yang sering terkena adalah leher, jari, kaki, lutut, pinggang maupun pinggul sekalipun.

Sindrom Sjogren

Sindrom Sjogren merupakan penyakit pada sistem kekebalan tubuh yang sering menyerang jaringan yang sehat sehingga mampu menimbulkan suatu peradangan.penyakit yang satu ini lebih banyak diderita oleh para wanita jika bandingkan dengan para pria.

Lupus

Lupus menjadi salah satu penyakit yang juga memiliki kaitan dengan system kekebalan tubuh manusia. Hanya saja penyebab adanya penyakit lupus ini masih belum diketahui penyebabnya hingga saat ini.

Ankylosing spondylitis

Ankylosing spondylitis merupakan suatu penyakit peradangan yang tergolong kronis dan bisa menjangkiti bagian tulang belakang maupun bagian tubuh yang lain. Biasanya penderita dari penyakit ini lebih kepada ramaja pria hingga usia 30 tahun.

Itulah tadi berbagai jenis penyakit rheumatik yang sering dialami oleh masyarakat. Kebanyakan masyarakat sekarang ini sering mengalami lupus yang terbilang cukup mengkhawatirkan. Dari berbagai penjelasan di atas, anda pun kini semakin tahu mengenai jenis dari penyakit rheumatik ini.

Langkah paling tepat dalam melakukan perawatan rheumatik

Perawatan yang sering dilakukan untuk penyakit rheumatik ini tentunya dengan meredakan berbagai gejala yang telah ditimbulkan sekaligus dengan mengendalikan penyakitnya. Caranya cukup mudah hanya dengan konsumsi obat anti inflamasi non steroid maupun analgesik sekalipun. Selain itu anda juga bisa meredakan penyakit rheumatik ini dengan beristirahat yang cukup, olahraga secara rutin hingga menjalani suatu pola diet yang tergolong seimbang.

Sebagian besar masyarakat Indonesia memang banyak yang mengalami penyakit rheumatik ini. Penyakit yang satu ini memang tergolong lumayan rumit bahkan bisa saja menyerang tulang, sistem sendi, otot atau bahkan jaringan lunak yang lainnya. Mereka yang menderita rheumatik biasanya akan sering mengeluh rasa sakit pada bagian pesendiannya. Namun bagi anda yang menderita rheumatik kini sudah tersedia cara yang paling efektif yakni dengan mengkonsumsi ramuan tradisional yang bersifat alami dan bagus untuk kesehatan tubuh anda.

Cara paling ampuh mengobati rheumatik dengan bahan tradisional

Beragam ramuan tradisional yang ada di Indonesia dan lebih dikenal dengan jamu ini memang mampu mengatasi beragam penyakit yang ada. Seperti halnya rheumatik maupun nyeri sendi. Kini ada berbagai ramuan alami yang terbukti ampuh bisa mengobati penyakit rheumatik. Jika anda masih penasaran, inilah berbagai berbagai bahan tradisional yang bisa anda ambil khasiatnya. Antara lain:

Daun Dandelion

Ada salah satu pilihan bahan alami yang bisa anda manfaatkan untuk mengobati penyakit rheumatik. Dalam daun dandelion ini memang tersimpan suatu kandungan vitamin A maupun vitamin C yang mampu perbaiki kerusakan pada bagian dalam tubuh. Dengan begitu racun yang tadinya ada dalam darah bisa dikeluarkan. Kini anda bisa memanfaatkan bahan tradisional alami ini sebagai pengobatan rheumatik. Caranya juga gampang sekali hanya dengan mengukus daun dandelion ini lalu anda bisa mengunyah daun tersebut sampai lunak dengan tujuan meredakan rasa nyeri sendi.

Jahe

Tahukah anda bahwa jahe kini bukan hanya bisa memberikan  rasa hangay pada tubuh anda. Namun jahe juga memiliki peran yang begitu penting untuk mengobati penyakit rheumatik. Ramuan berbahan tradisional ini bisa anda dapatkan dengan mudah karena termasuk dalam rempah yang alami. Pada umumnya banyak masyarakat yang menggunakan jahe ini sebagai bumbu masakan mereka. Namun ternyata kini jahe juga bisa dimanfaatkan sebagai pereda rheumatik. Semisal saja anda membuat salad, sup maupun saus yang ditambah dengan jahe didalamnya. Ketika anda sudah mengkonsumsinya, biasanya rasa nyeri yang anda rasakan pada bagian sendi bisa semakin membaik.

Akar Sembung

Nyatanya bukan hanya daun sembung yang bisa kita ambil khasiatnya. Kini bagian akar dari sembung ternyata juga bisa anda manfaatkan untuk mengobbati rheumatik sendi. Caranya juga mudah sekali hanya dengan mengambil akar sembung 30 gram dan juga 60 gram daun gandarusa. Setelah itu anda bisa mencucinya sampai bersih  kemudian di potong seperlunya saja. Jika sudah, anda bisa merebusnya dengan 3 gelas air sampai hanya tersisa sekitar 1 gelas saja. Biarkan sampai dingin, kemudian saring airnya dan minum lah ramuan tadi sebanyak 2 kali dalam sehari.

Lendir lidah buaya

Sekarang ini memang belum banyak yang tahu akan manfaat lidah buaya yang bisa anda manfaatkan untuk mengatasi penyakit rheumatik. Hal ini dikarenakan kandungan yang ada dalam lidah buaya ini bisa meredakan rasa sakit yang anda rasakan. Lidah buaya ini juga memiliki manfaat mampu meningkatkan system imun yang ada dalam tubuh bahkan juga menambah energy dalam tubuh.

Akar beluntas

Kini akar beluntas pun ternyata juga bisa anda manfaatkan untuk mengobati penyakit rheumatik maupun nyeri sendi. Caranya mengambil khasiatnya juga mudah sekali. Ambillah akar beluntas secukupnya saja kemudian anda bisa mencucinya hingga bersih. Apabila sudah, anda bisa merebus akar beluntas tadi dengan menggunakan segelas air sampai mendidih. Lalu saringlah airnya kemudian minumlah sehari satu kali.

Lengkuas

Saat ini berbagai macam bumbu tradisional ternyata bisa anda ambil khasiatnya. Seperti halnya lengkuas yang mampu anda jadikan sebagai obat rheumatik tradisional. Caranya juga cukup mudah sekali yakni mengambil beberapa potong jari rimpang lengkuas yang masih segar. Kemudian anda cuci sampai bersih dan parut. Peraslah airnya dengan menggunakan kain kemudian anda bisa gosokkan pada bagian tubuh anda yang merasakan sakit. Bisa dibilang ampas lengkuas ini bisa anda manfaatkan sebagai obat gosok yang berkhasiat.

Sekarang ini memang banyak sekali bahan alami yang bisa anda manfaatkan untuk mengobati penyakit rheumatik. Ada baiknya anda mencoba salah satu bahan alami diatas sebagai pereda nyeri sendi yang anda rasakan. Selain aman nyatanya juga berkhasiat untuk kesehatan tubuh anda. Jadi anda tidak perlu ragu lagi ataupun bingung mencari cara menyembuhkan penyakit rheumatik ini.