Penyebab Air Ketuban bisa Pecah lebih Dini

Air ketuban yang pecah tentunya menjadi salah satu tanda bahwa wanita hamil akan segera menjalani persalinan. Hanya saja ada beberapa wanita yang mengalami kasus ketuban pecah dini sebelum waktunya ia menjalani persalinan. Ketuban yang pecah lebih dini biasanya terjadi saat pembukaan belum sampai 4 cm bahkan belum menunjukkan suatu tanda persalinan.

Jika ketuban pecah dini tentunya anda tidak boleh membiarkannya begitu saja melainkan harus mendapatkan penanganan. Sebab hal tersebut memang berkaitan dengan keselamatan janin bayi yang masih ada dalam kandungan beserta keselamatan ibu hamil. Jika kondisinya semakin parah, bisa saja menyebabkan kematian pada janin dan berbahaya untuk kesehatan tubuh ibu hamil.

Tentunya ada berbagai faktor yang menjadi penyebab air ketuban pecah dini. Supaya anda bisa mengetahuinya ada baiknya anda perhatikan berbagai penyebabnya berikut ini:

Penyebab air ketuban pecah dini

  • Adanya kelainan pada otot leher rahim

Biasanya salah satu hal yang bisa menyebabkan air ketuban pecah lebih dini adalah adanya kelainan yang terjadi pada otot leher rahim. Kondisi seperti ini memang terlalu lunak bahkan terbilang lemah sehingga bisa berdampak pada terbukanya leher rahim.

  • Infeksi selaput ketuban

Lebih parahnya memang jika terjadi suatu infeksi pada selaput ketuban ibu hamil. Hal ini tentunya bisa disebabkan dari adanya suatu bakteri. Jika selaput ketuban saja bisa terinfeksi maka air ketuban pun mudah sekali pecah ketika mengalami suatu guncangan.

  • Miliki riwayat kelahiran prematur

Bisa saja air ketuban pecah dini dikarenakan ibu hamil memiliki riwayat melahirkan prematur. Mungkin si janin bayi belum waktunya lahir namun karena air ketubannya pecah tentu saja bayi harus segera dilahirkan.

Sebenarnya ketuban pecah dini ini umumnya tidak menimbulkan rasa sakit, pegal maupun mulas. Hanya saja jika anda mengalami hal tersebut sebelumnya, ada baiknya anda segera melakukan suatu penanganan agar hal buruk tidak terjadi kepada anda. Jika anda biarkan begitu saja tentu bisa membuat anda terkena infeksi parahnya lagi bayi bisa meninggal dan anda bisa mengalami persalinan secara prematur.

Supaya anda bisa mencegah ketuban pecah dini ini maka anda perlu menerapkan suatu pola hidup yang sehat. Anda tentu saja bisa melakukannya dengan car mengkonsumsi berbagai jenis makanan yang bergizi. Bisa juga anda melakukan suatu kebiasaan olahraga yang memang dikhususkan untuk ibu hamil. Seperti halnya dengan melakukan senam yoga. Dengan olahraga tersebut maka otot yang ada di sekitar rahim pun bakalan semakin kuat sehingga ketuban tidak akan mudah pecah hanya karena guncangan.

Yang paling penting tentu saja anda harus rutin memeriksakan kondisi kehamilan anda setiap bulannya. Dengan begitu anda tahu perkembangan janin bayi yang masih berada dalam kandungan anda.