Penyebab Tekanan Darah Rendah

Tekanan darah rendah atau hipotensi merupakan kondisi dimana tekanan darah yang ada di dalam arteri jumlahnya lebih rendah dari tekanan darah normal. Ukuran dari tekanan darah rendah ini diambil dari tekanan pada dinding arteri akibat adanya darah yang mengalir melalui arteri. Tekanan darah rendah ini dapat menyebabkan penderitanya merasa pusing, tubuhnya menjadi tidak stabil, hingga kehilangan kesadaran atau pingsan. Hal tersebut dapat terjadi karena terbatasnya jumlah darah yang mengalir ke otak serta ginjal.

Dalam mengukur tekanan darah manusia ini dapat menggunakan dua ukuran yaitu tekanan sistolik serta tekanan diastolic. Manusia memiliki tekanan darah normal yang berkisar pada 90/60 atau 140/90. Namun apabila ia memiliki tekanan darah rendah maka tekanan darahnya akan berada dibawah 90/60 yang dapat mempengaruhi performa anda dalam menjalani aktivitas sehari-hari.

Hipotensi ini dapat terjadi karena diakibatkan oleh beberapa faktor penyebab seperti berikut ini

  1. Cuaca udara yang panas

Cuaca udara yang panas ini sangat mempengaruhi seseorang memiliki tekanan darah rendah. Oleh karena itulah saat cuaca udara sedang panas anda dianjurkan untuk diam di dalam ruangan untuk menghindari terjadinya tekanan darah rendah yang akan membuat anda merasa pusing ketika beraktivitas di luar ruangan saat panas. Seseorang yang sedang berada pada kondisi yang rileks atau yang biasa melakukan olehraga yang rutin juga dapat memiliki tekanan darah yang rendah.

  1. Adanya penyakit yang menyerang saraf

Penyakit yang menyerang saraf pada tubuh manusia seperti penyakit parkinsin ini dapat menyebabkan timbulnya tekanan darah rendah atau hipotensi. Karena penyakit ini bisa saja menyerang saraf yang berfungsi untuk mengatur serta mengendalikan tekanan darah di dalam tubuh manusia. Apabila hal itu terjadi maka proses penyebaran darah ke otak serta ke ginjal akan terbatas jumlahnya.

  1. Penyakit anemia

Penyakit anemia merupakan suatu keadaan dimana hemoglobin yang ada di dalam darah ini jumlahnya rendah. Gejala yang umum dirasakan oleh para penderita anemia ini adalah memiliki tekanan darah yang rendah. Para penderita penyakit anemia ini akan mudah merasa lelah, letih serta lesu saat sedang beraktivitas dan melakukan kegiatan.

  1. Mengalami dehidrasi

Tekanan darah rendah dapat terjadi akibat tubuh mengalami dehidrasi. Dehidrasi merupakan suatu kondisi dimana tubuh kekurangan cairan yang diakibatkan oleh asupan cairan yang masuk ke dalam tubuh tidak sebanding dengan cairan yang dikeluarkan oleh tubuh. Untuk mengurangi dehidrasi anda harus banyak minum dan makan dengan tertatur.

  1. Dampak yang ditimbulkan oleh pengobatan tertentu

Saat seseorang melakukan pengobatan tertentu maka dampaknya dapat menimbulkan tekanan darah rendah. Ada beberapa obat yang dapat menurunkan tekanan darah menjadi rendah seperti obat anti depresi atau obat anti hipertensi. Setelah seseorang meminum obat tersebut maka tekanan darah dalam tubuh akan berkurang bahkan dapat berada dalam keadaan yang rendah.