Kesehatan

Penyebab Ulu Hati Sakit

Tak sedikit yang mengalamai nyeri pada ulu hati. Ulu hati atau epigastrium ini terletak dibawah tulang dada dan diatas tulang pusar diantara tulang rusuk. Mungkin anda salah satu yang bertanya-tanya kenapa ulu hati sakit. Selain sakit gelaja lainnya yang mengikuti adalah rasa mual, sendawa, lapar, nafsu makan juga menurun. Ternyata ada beberapa penyebab ulu hati sakit loh.

Dalam artikel ini akan dibahas secara mendetail penyebab dari sakitnya ulu hati

  1. Tukak Peptik

Kondisi ini merupakan terjadinya luka pada dinding lambung atau usus kecil. Hal ini bisa terjadi karena oleh infeksi bakteri dan konsumsi obat-obatan. Zat asam dalam pencernaan dapat merusak dinding lambung atau usus kecil sehingga mengakibatkan luka hingga berdarah dan tentunya menyakitkan.

Biasanya jika sudah mengalami tukak peptik ulu hati tersa perih, selain itu area pusar juga terasa perih bahkan hingga dada. Hal ini bisa terjadi ketika perut dalam keadaan kosong. Maka sebaiknya anda yang mempunyai masalah ini jangan sampai mengosongkan perut. Karena jika sudah sakit butuh waktu berhari-hari untuk menyembuhkannya.

  1. Pankreatitis

Ulu hati sakit bisa disebabkan karena Pankreatitis. Pankreas adalah salah satu organ tubuh yang menghasilkan enzim guna membantu proses pencernaan dan mengatur gula dalam tubuh. Namun jika pancreas meradang bisa menyebabkan ulu hati nyeri bahkan hingga ke punggung.

Gejala yang timbul seperti muntah-muntah, perubahan warna di area pusar, perut kaku dan lain sebagainya.

  1. Kantong Empedu

Kantong kecil yang terletak dibawah hati ini menyimpan dan mengkonsentrasikan cairan untuk mengolah lemak. Jika kantong ini bermasalah akan menyebabkan sakit di ulu hati, demam, mual, muntah dan lain sebagainya.

  1. Kanker Lambung

Penyakit ini terjadi karena sel kanker tumbuh di lambung, sehingga ulu hati juga akan terasa sakit.

  1. Preeklamsia

Preeklamsia adalah penyakit tekanan darah tinggi pada ibu hamil yang tidak ditangani dengan benar.. jika sudah parah maka ulu hati pun akan terasa sakit.

  1. Sindrom Iritasi Usus

Sindrom ini menyerang usus besar yang mengakibatkan kram, perut kembung, perubahan frekuensi buang air besar hingga nyeri pada ulu hati.

Untuk mengatasinya ada beberapa hal yang bisa anda lakukan, diantaranya sebagai berikut :

  1. Konsumsi obat-obatan yang dapat menetralkan kondisi asam lambung. Banyak apotek yang menjual obat untuk lambung. Karena ketika lambung sakit ulu hati juga sakit. Ada obat yang berbentuk tablet maupun cair.
  2. Makan makanan ringan. Hindari makanan pedas, kecut dan sebagainya. Jika anda perokok kurangilah dan jika anda mengkonsumsi alkohol berhentilah demi kesehatan anda.
  3. Jika tak kunjung sembuh, anda konsultasi ke dokter. Agar lebih paham penanganannya, sehingga untuk obatnya bisa dicarikan yang sesuai dengan tingkat kesakitan ulu hati anda.