Perhitungan Masa Subur Tepat dan Akurat

Untuk wanita yang sudah menikah dan sangat memimpikan memiliki momongan, biasanya akan sangat memperhitungkan masa subur. Masa subur adalah salah satu proses saat sel telur dilepaskan dari ovarium menuju sel indung telur. Atau bisa juga proses tersebut dikatakan masa ovulasi. Pembuahan sendiri baru bisa terjadi saat setelah proses ovulasi. Maka jika anda ingin segera memiliki buah hati, anda harus bisa Perhitungan Masa Subur dengan akurat.

Cara Menghitung Masa Subur

Untuk cara menghitung masa suburnya sendiri, hal itu tergantung dari masa haid anda masing-masing. Akan lebih mudah mengitung dengan akurat jika anda memiliki periode menstruasi yang teratur selama 28 hari. Jika anda termasuk yang periode menstruasinya 28 hari, cara Perhitungan Masa Subur cukup mudah. Misalkan anda haid pada tanggal 3 Maret, maka diperkirakan anda akan mengalami haid hari pertama lagi saat tanggal 31 Maret. Tanggal 31 di dapatkan dari 3 (tanggal hari pertama haid) + 28 (hari menuju hari awal haid selanjutnya) maka dihasiklan tanggal 31 Maret. Untuk mengetahui masa suburnya, anda cukup merungangi tanggal tersebut dengan 14. Maksudnya, untuk mengetahui puncak masa subur anda, anda hanya cukup mengurangi angka 31 (tanggal haid selanjutnya)  dengan 14, sehingga didapat angka 17. Kesimpulannya, tanggal 17 Maret adalah puncak masa subur anda. Masa subur anda dimulai dari tanggal 14 Maret hingga 20 Maret atau selama satu minggu.

Untuk anda yang memiliki siklus haid yang tidak teratur, anda bisa menggunakan system kalender. Namun anda harus ingat betul-betul tanggal dimana haid pertama anda dan haid terakhir anda. Cara menghitungnya adalah dengan menambah 13 dari tanggal haid terakhir anda.

Selain itu, ada cara lain yang bisa memperkuat dugaan anda terhadap masa subur. Yaitu:

  1. Suhu tubuh anda di pagi hari naik. suhu basal yang normal biasanya 35,5-36,6 derajat. Namun jika suhu anda naik seidikit dari suhu biasanya, ini berati anda sudah mengalami ovulasi 1-2 hari terakhir
  2. Ada lendir dari mulut Rahim, adanya lendir seperti lendir kental, basah, dan semi transparan, menujukan perubahan pada kadar hormon, estragon tubuh anda, dan pertanda apakah ssedang terjadi ovulasi
  3. Nyeri ringan dan berat pada bagian perut atau bagian punggung
  4. Anda lebih bergairah, dan lebih bersemangat, juga akan mudah bersosialisasi saat masa subur ini.

Bagi anda yang menginginkan untuk cepat hamil, penting bagi anda untuk mengetahui cara menghitung masa subur dengan cepat agar bisa menentukan saat yang tepat untuk merencanakan kehamilan. Demikian artikel mengenai Perhitungan Masa Subur Tepat dan Akurat semoga bermanfaat untuk anda.