Perkembangan Game Online Di Indonesia

Mulai dari pembentukan jaringan komputer oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat pada tahun 1969 yang terus dikembangkan melalui berbagai proses oleh para ahli, akhirnya terbentuk internet (interkoneksi-networking) yang sangat sering kita gunakan sehari-hari di dunia ini.


Hari ini, siapa yang tidak kenal internet? Segala macam perangkat yang kita gunakan sehari-hari hampir semuanya terhubung ke internet, mulai dari komputer, laptop, ponsel dan hampir semua aktivitas yang kita lakukan terhubung ke internet. Bisa dibilang, internet bukan lagi barang mewah di mata publik, tetapi kebutuhan sudah hadir untuk menemani kegiatan sehari-hari.

Munculnya aktivitas pengguna internet melalui perangkat canggih abad ini, telah membuat banyak pengembang game dan penerbit memanfaatkan celah tersebut. Perkembangannya juga berlangsung sangat cepat, mulai dari usia game konsol jadul yang tidak menyentuh internet, hingga disajikan game online (game yang hanya bisa dimainkan menggunakan koneksi internet) dan game konsol + PC yang mulai menjadi terhubung dengan koneksi internet.

Meski sedikit nyerempet ke ranah konsol dan game PC, tapi tidak keduanya yang ingin KotGa Crew diskusikan saat ini. Hal yang menarik perhatian KotGa Crew adalah munculnya istilah “game online”, sebuah permainan yang hanya bisa dimainkan jika terhubung ke internet dan game dapat membuat semua orang menjadi ketagihan untuk memainkannya. Mari kita lihat sejarah perkembangan game online di Indonesia!

Jika Kotakers mengingat, awal dari game online yang hadir di Indonesia dimulai pada tahun 2001, di mana game berjudul Nexia mulai menarik perhatian banyak gamer PC, konsol dan juga komunitas lain untuk mencoba bermain “game online”. Meski Nexia hanya hadir dengan grafis 2D sederhana, namun kehadiran gim ini sangat berkesan di hati gamer Indonesia.

Masih dalam tahap awal perkembangan game online di Indonesia, satu tahun setelah munculnya Nexia, ada juga game bernama Redmoon dengan grafis 2,5D yang bisa dibilang lebih berbeda untuk waktu itu. Mengapa berbeda, karena karakter di Redmoon memiliki lebih banyak kehidupan, jadi terasa sangat berbeda untuk para gamer. Masih dalam genre yang sama (RPG), pada tahun 2001-2002 Nexia dan Redmoon bergandengan tangan menemani langkah pertama gamer Indonesia memasuki dunia game online.