Ini Dia Proses Perkembangan Janin

Hallo calon ibu! Bagi anda para calon ibu tentunya mempunyai momongan merupakan hal yang ditunggu-tunggu, jika sudah merasakan tanda-tanda kehamilan, tidak ada salahnya kan mengetahui bagaimana Proses Perkembangan Janin, berikut ulasanya :

  1. Minggu ke-1

Pada minggu pertama atau minggu permulaan atau belum terjadinya pembuahan, pada minggu ini pembentukan sperma dan telur akan memberikan informasi pada tubuh anda telah ada calon bayi pada Rahim. Pada minggu ke -1 janin sudah memiliki genetik, dengan kombinasi 23 kromosom pada manusia. Sel telur pada Rahim berbentuk layaknya lingkaran sinar yang mengelilingi matahari, lalu sel tersebut lah yang akan bertemu dengan sel sperma, dan terjadilah proses pembuahan. Dengan banyaknya bahkan berjuta-juta sel sperma yang ada, namun hanya 1 sel sprema yang akan menembus indung telur.

  1. Minggu ke-2

Pada minggu ke-2 akan terjadi pembuahan atau lebih tepatnya pada akhir minggu kedua, sel telur yang sudah di buahi akan membelah 2 setelah 30 jam, sel telur yang membelah akan bergerak di dalam lubang fallopi akan menuju Rahim. Dan ketika sudah membelah menjadi 32 bagian barulah sel itu disebut morula. Sel yang terus berkembang dan terbagi dua kali sehari akan betambah jumlahnya pada minggu ke 12 sehingga membantu blastocyst terpaut ke endometrium.

  1. Minggu ke -3

Meskipun sudah masuk minggu ke-3 namun sebagian wanita tidak menyadarinya, sel telur yang sudah membelah menjadi berates-ratus sel akan menempel di dinding Rahim yang disebut blastosit. Ukurannya 0,1-0,2 mm.

  1. Minggu ke -4 / 1 bulan

Pada minggu ke 4 atau 1 bulan, hasil dari pembuahan akan memproduksi hormone kehamilan atau HCG, dan akan membuahkan hasil positif ketika anda melakukan test kehamilan.

  1. Minggu ke-5

Pada minggu ke-5 sudah tebentuknya 3 lapisan yaitu, mesoderm, ectoderm, endoderm, ectoderm merupakan lapisan atas yang akan membentuk system syaraf sang janin, dan akan terbentuk otak, kulit dan rambut, tulang belakang. Sedangkan mesoderm berada di bagian tengan yang akan membentuk jantung, tulang, organ reproduktif, dan buah pinggang, dan endoderm yang akan membentuk, usus, pancreas, hati juga pundi kencing.

  1. Minggu ke-6

Pada minggu ini ukuran embrio 2-4mm diukur dari ujung kepala hingga bokong, tuba saraf pada punggung bayi sudah menutup. Dan jantung sudah mulai berdetak, system pernafasan, pencernaan sudah mulai terbentuk, dan bagian lengan dan kaki sedikt demi sedikit mulai terlihat.

  1. Minggu ke-7

Pada minggu ini janin sudah berukuran 5-13 mm dengan berat 0,8 gram. Lengan akan  mulai membentuk bagian bahu, dan tangan janin. Jantung sudah terbagi menjadi bilik kiri dan kanan, dan saluran udara yang terdapat di paru paru janin.

  1. Minggu ke-8 / 2 bulan

Janin sudah berukuran 14-20 mm, ujung hidung sudah mulai terbentuk, kelopak mata sudah berkembang, dan juga telinga janin. Brochi menghubungkan paru-paru kepada tenggorokan, sudah mulai bercabang. Lengan sudah memiliki siku, lubang hidung, mulut bibir, lidah, sudah mulai terbentuk, mata sudah berada di membrane kulit tipis, semua sudah mulai terbentuk meski belum sempurna.

  1. Minggu ke-9

Telinga bagian luar sudah mulai terbentuk, jari jari sudah mulai Nampak, janin sedikt mulai bergerak namun anda belum merasakannya, ukurannya sudah mencapai 22-30 mm dengan bera 4 gram.

  1. Minggu ke-10

Pada minggu ke 10 organ-organ penting pada janin sudah mulai terbentuk dan bekerja, pertumbuhan otak mulai berkembang dengan cepat, 250.000 sel saraf baru telah diproduksi setiap menitnya. Dengan ukuran 32-43mm dengan berat 7 gram.

  1. Minggu ke-11

Pada minggu ke- 11 ukurannya sudah mencapai 6,5 cm. rambut dan kuku jari sudah mulai tumbuh, sesekali janin menguap, janin sudah bisa menggeliat, kaki dan tangan sudah bisa di gerakan, janin sudah bisa menundukan kepala bahkan meluruskan tubuh, dan gerakan demi gerakan tersebut sudah dirasakan oleh anda atau sang ibu. Gerakan janin sudah lebih terasa aktif.

  1. Minggu ke-12/ 3 bulan

Panjang fetus sudah mencapai 6 hingga 7 cm, dengan berat 14 gram, pusat pertumbuha tulang mulai timbul, jari dan kaki sudah mulai terbentuk, kulit serta kuku mulai terbentuk, janin mulai memberikan gerakan spontan, janin sudah memiliki bentuk wajah, detak jantung janin meningkat dengan meningkatnya volume darah pada tubuh ibu, bayi membeser bermili mili meter setiap harinya, kelopak mata dan telinga sudah mulai terbentuk.

  1. Minggu ke-13

Minggu ke 13 merupakan akhir dari trimester 1, plasenta janin mulai berkembang berguna menyediakan oksigen, nutrisi serta pembuangan sampah bayi. Badan semakin membesar diikuti pembesaran kepala.

  1. Minggu ke- 14

Ukurannya sudah mencapai 80-110 mm dengan berat 25 gram. Pembentukan leher sudah semakin kuat, lambut halus sudah tumbuh di sekitar tubuh janin untuk melindungi kulit. Kulit janin belum menebal karena belum adanya lemak pada janin.

  1. Minggu ke-15

Tulang juga sumsusm tulang terus berkembang, jika janin perempuan, ovarium akan mulai mengahsilkan berjuta-juta sel telur, jika janin laki-laki kelenjar prostat dan ovarium turun menuju rongga perut menuju panggul. Karena kulit bayi masih tipis pembuluh darah masih terlihat, bayi pun sudah mulai bisa menggengap dan mengisapnya. Namun kelopak mata masih tertutup.

  1. Minggu ke – 16/ 4 bulan

Janin sudah berukuran ± 12 cm dan berat 110 g

janin terbentuk sepenuhnya, janin membutuhkan nutrisi melalui plasenta. Janin mempunyai tulang kuat dan  sudah bisa mendengar suara. System peredaran darah merupakan yang pertama.Janin sudah mulai bergerak. Tetapi ibu tidak perlu kuatir jika ibu tidak  merasakannya.

 

  1. Minggu ke -17

Pada minggu ini janin berukuran 12 cm dengan berat 100 gram. Pada minggu ini sidik jari sudah mulai terbentuk.

  1. Minggu ke-18

Pada minggu ini dianjurkan ibu mulai mengajak janin berkomunikasi atau bersenandung, meskipun janin akan sedikit terkejut dengan adanya suara keras, janin sudah dapat merasakan cahaya jika anda menepeplan senter pada perut anda, ukuran bayi mencapai 14 cm dan berat 140 gram.

  1. Minggu ke -19

Janin  diselimuti vernix caseosa, atau lapisan lilin yang melindungi kulit agar janin terhindar  dari luka. Otak janin sudah mempunyai jutaan saraf motoric, yang menyebabkan janin  dapat membuat gerakan sadar layaknya menghisap jempol. Beratnya  sudah mencapai 226 gram dengan panjang 16 cm.

  1. Minggu ke-20

Berat mencapai 300 gram dengan panjang 14-16 mm, rambut kepala sudah mulai terbentuk, kulit janin sudah memiliki laipisan dermis dan epidermis, juga subcutaneous.

  1. Minggu ke-21

Usus Janis sudah cukup berkembang , janin sudah mampu menelan gula, cairan atau menyerap cairan dan usus besar sudah mulai terbentuk, berat 340 gram dengan panjang 20 cm membuatnya sedikit bergerak.

  1. Minggu ke-22

Tubuh dan kepala sudah proposional, panca indera janin sedikit demi sedikt sudah berkebmang.

  1. Minggu ke – 23

Jari, tangan dan kaki bayi sudah terbentuk dengan sempurna.

  1. Minggu ke -24 / 6 bulan

Beratnya mencapai 630 gram, alis dan bulu mata mulai Nampak

  1. Minggu ke- 25

Janin sudah bisa cegukan, merupakan tanda bahwa janin sudah mulai berlatih untuk bernafas, tulang janin semakin mengeras, saluran darah pada paru paru sudah semakin baik, indera penciuman bayi sudah mulai berkembang dengan baik, berat janin sudah mencapai 650-670 gram dengan ukuran 34-37 cm.

  1. Minggu ke – 26

Janin sudah dapat mengedipkan mata, retina mata sudah mulai terbentuk, aktifitas otak berfungsi dengan baik, berat badan sudah mencapai 750-780 gram, dengan tinggi 35-38 cm.

  1. Minggu ke-27

Indera perasa janin sudah mulai terbentuk, berat janin sudah mencapai 870-890 gram, dengan tinggi 36—38 cm.

  1. Minggu ke- 28

Janin sudah mencapai 25 cm dan beratnya 1100 gram, otak janin semakin hari semakin berkmebang dan meluas, rambutnya terus tumbuh dan lapisan lemak semakin berkembang, kepala janin sudah mulai mengarah ke bawah, namun paru-parunya belum sempurna

  1. Minggu ke -29

Sensitifitas dari janin sudah semakin jelas, janin sudah bisa mengamati perubahan suara, rasa, baud an cahaya, otak janin sudah bisa mengendalikan nafas janin, berat janin mencapai 1100-1200 gram, dengan tinggi 37-39 cm.

  1. Minggu ke- 30

Mata janin yang indah sudah mulai bergerak ke kiri dan ke kanan, janin sudah memproduksi air mata, berat janin mencapai 1510-1550 gram, dan tinggi mencapai 39-40 cm.

  1. Minggu ke – 31

Janin sudah dapat menghasilkan air senin sebanyak 500 ml, organ tubuh dan segala zat-zat pada janin sudah mulai sempurna, berat janin mencapai 1550-1560 gram, dan tinggi mencapai 41-43 cm.

  1. Minggu ke-32/ 8 bulan

Pada usia kehamilan ini  posisi kepala janin  telah berada di bawah janin  tidak berputar putar lagi

 

 

  1. Minggu ke – 33

Janin sudah memiliki bentuk wajah, otak janin sudah mulai berkembang dengan pesat, berat badannya mencapai 1800-1900 gram, dengan tinggi mencapai 43-45 cm.

  1. Minggu ke- 34

Janin sudah berada di pintu Rahim,berat badan janin sudah mencapai 2000-2010 gram, dengan tinggi mencapai, 45-46 cm.

  1. Minggu ke-35

Pendengaran janin sudah mulai sempurna, janin sudah mulai membesar dan janin sudah memenuhi Rahim ibu, berat badan janin mencapai 2300-2350 gram, dengan tinggi 45-47 cm.

  1. Minggu ke -36 / 9 bulan

Panjang janin sudah mencapai 32 cm, dengan berat 2300 gram, tubuh janin terlihat lebih gemuk, kulit janin sudah semakin sempurna dan halus, lemak sudah mulai mengisi bagian kaki dan lengan janin, paru-paru dan organ tubuh janin sudah sempurna.