Kehamilan

Perkembangan Janin 23 Minggu Yang Penting Untuk Ibu Ketahui

Janin didalam kandungan ibu akan terus berkembang setiap minggunya. Setiap momen tumbuh kembangnya adalah momen berharga. Begitupun dengan perkembangan janin 23 minggu yang mana ini artinya ibu akan segera memasuki usia kehamilan 6 bulan. selain janin yang terus berkembang dengan pesat, tubuh ibupun mengalami perubahan yang pesat pula. Bobot ibu akan terus bertambah setiap minggunya. Diusia kandungan yang terus bertambah, ibu harus tetap memperhatikan asupan nutrisi dan pola hidup secara keseluruhan. Ini bukan semata mata untuk janin dalam kandungan saja tapi juga untuk kesehatan ibu sendiri. Jika ibu sehat, maka janin juga akan tumbuh dengan optimal dalam kandungan.

Perkembangan janin diusianya yang mencapai 23 minggu

Diusianya yang hampir memasuki 6 bulan ini, janin memiliki bobot yang semakin bertambah dimana kini ia berbobot sekitar 500gr atau setengah kilogram. Janin yang mengalami kenaikan bobot tubuh berarti ia berkembang dengan sehat. Ini pertanda bahwa kehamilan ibu berjalan dengan lancar. Selain mengalami kenaikan bobot tubuh, panjang janin juga kian bertambah diusianya yang mencapai 23 minggu ini yakni mencapai sekitar 29 cm dihitung dari kepala hingga ke bagian tumitnya. Seiring bertambahnya bobot dan panjang tubuh janin, ukuran rahim ibupun kian membesar dan hasilnya perut ibu kian membuncit.

Yang terjadi pada tahapan perkembangan janin 23 minggu selanjutnya ialah berkembangnya sistem pendengaran janin. Kini janin sudah bisa mendengarkan suara-suara yang berasal dari dalam perut ibu serta berbagai bunyi yang berasal dari luar perut ibu. Tentu saja kemampuan ini juga masih terbatas dimana janin hanya bisa mendengar suara yang tidak jauh jaraknya dari ibu. Namun di minggu-minggu selanjutnya sistem pendengaran ini akan terus berkembang secara optimal sesuai fungsinya.

Karena sistem pendengarannya mulai berfungsi dengan baik, janin dapat merespon berbagai suara dengan caranya sendiri. Misalnya saja saat ibu memperdengarkan musik yang terlalu bising pada janin maka ia akan merespon dengan menggerakkan tubuhnya. Maka sangat disarankan untuk ibu tidak membiasakan diri mendengarkan bunyi-bunyi yang terlalu keras karena bisa membuat janin dalam kandungan kaget. Manfaatkan kemampuan janin ini dengan sering mengajaknya bicara.

Perkembangan lainnya pada janin diusia 23 minggu ialah organ-organ internalnya yang juga semakin berkembang. Janin diusia ini sudah mulai belajar bernapas menggunakan paru-parunya meskipun ia masih bernapas didalam air ketuban. Namun dengan berfungsinya paru-paru menandakan bahwa nantinya ia akan dapat bernapas dengan baik saat dilahirkan. Untuk kulitnya, janin diusia ini masih memiliki kulit yang keriput karena lapisan lemak masih dalam proses pembentukkan.

Jika ibu merasa bosan atau jenuh terus menerus didalam rumah selama menjalani kehamilan, maka diusia kehamilan ini adalah saat yang tepat bagi ibu untuk bepergian karena pada periode ini adalah masa yang aman untuk ibu hamil bepergian. Janin diusia kandungan 23 minggu lebih kuat dari sebelumnya sehingga berbagai resiko yang bisa terjadi ketika ibu banyak bergerak atau melakukan perjalanan tidak tinggi. Namun pastikan agar ibu melakukan cek kesehatan sebelum melakukan perjalanan. Jika tidak fit maka sebaiknya tidak memaksakan diri.

Sambil memantau perkembangan janin 23 minggu, ibu bisa terus menstimulasi saraf-saraf sensoriknya untuk membantu mengoptimalkan fungsi-fungsi setiap bagian dari tubuh janin. Misalnya dengan memperdengarkan musik yang tenang pada janin, berbicara dengan janin dengan nada yang lembut dan memotivasi, membacakan cerita baik, memperdengarkan lantunan ayat suci Al-Quran, dll.