Kehamilan

Perkembangan Janin 4 Bulan Yang Penting Untuk Diperhatikan

Kehamilan ibu kini sudah mencapai 16 minggu atau 4 bulan. Diusia kehamilan ini, ada berbagai tahapan perkembangan yang dialami janin. Perkembangan janin 4 bulan semakin pesat. Tentu saja ini didukung dengan pola hidup ibu dimana ibu memenuhi kebutuhan nutrisi janin dengan seksama. Ini adalah masa-masa penting karena proses perkembangan terjadi lebih pesat dibanding trimester pertama kehamilan ibu. Tentu saja ibu memiliki peran yang sangat penting dalam mengoptimalkan tumbuh kembang janin. Sehat tidaknya kondisi tubuh ibu mempengaruhi perkembangan janin itu sendiri. Jika tubuh ibu sehat dengan optimal, maka perkembangan janin juga akan sama optimalnya.

Berikut adalah berbagai perkembangan yang terjadi pada janin diusianya yang mencapai 4 bulan:

  • Perkembangan yang paling signifikan tentu saja terjadi dalam hal ukuran janin yang semakin bertambah disetiap minggunya. Bobotnya kini mencapai 100 gr. Sedangkan panjang tubuh janin kini sudah mencapai sekitar 10 cm. Memasuki usia kehamilan 4 bulan, ukuran tubuh janin bisa disamakan sebesar buah alpukat berukuran sedang. Perkembangan pada trisemester kedua memang bisa dibilang perkembangan yang paling pesat karena janin semakin terbentuk menjadi bayi seutuhnya.
  • Pada perkembangan janin 4 bulan ini, otot wajahnya semakin terbentuk dengan baik sehingga ia bisa memunculkan beragam ekspresi meskipun belum optimal. Rupa janin pun kini semakin terlihat jelas sebagaimana bayi kecil. Selain itu, sistem-sistem saraf pada bayi juga semakin berkembang dengan baik sehingga memungkinkan otot-otot tubuhnya untuk tumbuh dan berkembang menjadi lebih lentur.
  • Janin diusianya yang mencapai 16 minggu ini bernapas dalam cairan ketuban didalam rahim ibu. Cairan ketuban ini tentu saja sangat penting untuk janin dimana ia merupakan sumber kehidupannya. Berbagai nutrisi penting yang dibutuhkan janin ada pada cairan ketuban. Tentu saja nutrisi tersebut berasal dari makanan yang dikonsumsi ibu. Selan itu, cairan ini juga berfungsi untuk melindungi janin dari berbagai guncangan atau benturan dari luar perut ibu. Diusia kehamilan ini, cairan ini semakin bertambah sesuai usia perkembangan janin namun ia akan berkurang ketika waktu persalinan semakin dekat.

Perkembangan pada janin diusianya yang mencapai 4 bulan ini kian pesat. Begitupun dengan tubuh ibu yang mengalami perubahan yang semakin signifikan. Berikut diantaranya:

  • Seiring dengan semakin meningkatnya bobot janin, maka ukuran perut ibu juga akan semakin membesar untuk mengakomodasi tumbuh kembang janin. Meskipun belum menunjukkan perubahan ukuran yang signifikan, namun diusia kehamilan ini biasanya ibu mulai sering merasa begah atau penuh dibagian perut. Maka disarankan untuk ibu memakain pakaian yang lebih nyaman dan tidak ketat agar keluhan tersebut bisa berkurang.
  • Diusia kehamilan ini, ibu biasanya akan merasa lebih bugar dari sebelumnya karena morning sickness sudah jarang terjadi. Kini nafsu makan ibu akan kembali seperti biasa dan bahkan mungkin bertambah hingga berkali-kali lipat. Sangat disarankan untuk ibu tetap mengawasi kenaikkan berat badan agar tidak melebihi batas normal karena jika hal tersebut terjadi maka bisa beresiko memunculkan komplikasi kesehatan yang beresiko terhadap janin dan kandungan seperti misalnya diabetes atau hipertensi.

Penting memang bagi ibu untuk senantiasa mengawasi setiap tahapan perkembangan yang terjadi pada kehamilan. Dengan begitu, ibu juga bisa memantau tumbuh kembang janin agar tetap optimal. Disarankan untuk ibu berkonsultasi dengan dokter kandungan atau bidan untuk mengetahui kondisi janin dengan lebih baik. Itulah informasi seputar perkembangan janin 4 bulan yang penting untuk ibu ketahui.