Kehamilan

Perkembangan Janin Memasuki Usia Hamil 25 Minggu

Kehamilan memasuki trimester kedua ibu sudah mulai merasakan tubuh yang lebih bugar dan fit dibanding dengan pada trimester pertama. Meskipun memang tentu saja ada beberapa hal yang menyebabkan ketidaknyamanan namun setidaknya pada periode ini ibu bisa menjalani kehamilan dengan lebih mudah.  Pada periode ini, perkembangan janin usia hamil 25 minggu mengalamo kemajuan yang cukup pesat karena sudah mendekati trimester ketiga. Selain itu, terjadi peruahan signifikan juga pada ibu khususnya dari segi bobot tubuh dimana mengalami kenaikan yang cukup drastis.

Apa saja perkembangan yang terjadi pada janin ketika usia kehamilan ibu mencapai 25 minggu?

  • Diusia kehamilan ibu yang mencapai 25 minggu ini, bobot janin kian bertambah yaitu mencapai 660 gram. Demikian pula dengan panjang tubuhnya yang semakin bertambah mencapai 35 cm yang dihitung dari puncak kepala hingga kaki. Diusia ini pula, janin sudah mulai terisi lemak yang membuat kulitnya tampak semakin halus dan lembut. Lapisan lemak berguna untuk proses pembentukan tubuh janin agar kulit lebih lentur, halus, dan lembut.
  • Perkembangan saraf-saraf pada tubuh janin semakin signifikan dimana jumlahnya pun semakin banyak. Saraf mata janin juga sudah mulai berfungsi dengan baik. Jika ibu menyorotkan sinar lampu ke perut, maka janin akan memalingkan wajahnya karena merasa silau.
  • Detak jantung pada janin saat ibu hamil 25 minggu lebih melambat menjadi sekitar 140 denyutan/menit. Namun tidak perlu khawatir karena sebenarnya frekuensi denyutan jantung janin tersebut masih lebih tinggi dibandingkan dengan denyutan jantung ibu sendiri.
  • Rambut janin diusia ini juga semakin lebat. Kemudian, bulu-bulu halus dibeberapa bagian tubuh janin juga sudah mulai bertembuh misalnya bulu pada bagian alis dan bulu mata.
  • Diusia kandungan ibu yang mencapai 25 minggu, ibu mungkin akan lebih sering merasakan gerakan. Salah satu gerakan tersebut bisa berasal dari bayi yang cegukan. Disamping itu, kini janin juga sudah memiliki jadwal yang rutin untuk membuang urin kekantung ketuban dalam rahim.
  • Diusia ini pula mata janin sudah mulai bisa membuka. Ini karena pigmennya mulai terbentuk dengan sempurna. Bahkan dibeberapa momen tertentu janin sudah mulai bisa berkedip
  • Pembentukan beberapa organ penting pada janin ketika ibu memasuki periode trimester kedua ini seperti otak, sistem pencernaan, dan jantung janin telah mulai terbentuk dengan semakin baik. Pembentukan organ-organ tersebut memang belum sempurna namun perkembangannya cukup signifikan.

Diusia kehamilan yang sudah mendekati trimester ketiga ini perkembangan tubuh dan otak janin terjadi dengan sangat cepat. Ini berarti ibu harus bisa memenuhi kebutuhan nutrisi janin dengan optimal untuk mendukung tumbuh kembangnya. Sangat disarankan untuk ibu mengonsumsi makanan tinggi serat karena semakin besar kandungan biasanya ibu lebih rentan mengalami sembelit atau konstipasi.

Memasuki usia kehamilan 25 minggu, Ibu hamil terkadang mengalami keluhan sesak napas. Ini disebabkan karena ukuran rahim yang terus membesar dan menekan rusuk sehingga pernapasan ibu sedikit terganggu. Keluhan lain yang cukup sering dirasakan ibu pada usia hamil 25 minggu yaitu gatal yang lebih intens pada perut sebagai akibat dari peregangan kulit, varises, kaki kram atau bengkak, dan sakit pinggang. Ibu bisa mencoba mengikuti kelas persiapan kelahiran untuk meringankan berbagai keluhan tersebut. Selain itu, jangan lewatkan jadwal pemeriksaan rutin ke dokter kandungan atau bidan untuk memantau perkembangan janin dan ibu.