Perkembangan Pada Janin 17 Minggu Yang Perlu Diketahui

Menjalani masa awal kehamilan, banyak oerubahan yang terjadi pada ibu yang sebagian besar dipengaruhi karena perubahan hormonal pada tubuh. Seiring berjalannya waktu, proses kehamilan terus berkembang. Ada banyak perkembangan yang terjadi pada ibu dan janin 17 minggu. Perkembangan tersebut meliputi berbagai aspek yang sangat penting untuk kehidupannya nanti. Memantau perkembangan janin memang sudah menjadi hal yang sewajarnya dilakukan ibu terlebih di trmester kedua diaman transisi mulai bisa dirasakan. Diusia kehamilan ini, kondisi tubuh ibu akan semakin membaik dengan berkurangnya gejala morning sickness.

Lalu apa yang terjadi pada janin diusia kehamilan 17 minggu?

  • Diusia kehamilan 17 minggu, bobot janin akan semakin bertambah mencapai 140 gr dengan panjang tubuh sekitar 13 cm. Perkembangan yang terjadi pada ukuran tubuh bayi di trisemester kedua ini memang cukup signifikan. Dan ini akan terus terjadi diminggu-minggu selanjutnya.
  • Struktur tubuh bayi diusia ini juga semakin berkembang. Ini ditunjukkan dengan tempurung kepala bayi yang sudah mulai tersusun dengan semestinya. Tulang rawan sebagai penyusun struktur tubuh bayi juga semakin mengeras. Selain itu, mulai muncul lapisan pelindung yang disebut mielin yang berfungsi untuk melindungi saraf dibagian tulang belakang janin.
  • Perkembangan juga akan terjadi pada tali pusat. Bagian ini sangat penting karena berfungsi sebagai penghantar nutrisi, darah, dan oksigen untuk janin. Tubuh janinpun akan semakin membesar dengan lebih pesat ┬ádisertai dengan dimulainya fungsi kelenjar keringat pada kulit janin.
  • Wajah janin 17 minggu ini semakin nampak jelas terlihat. Struktur bagian-bagian wajah sudah terlihat selayaknya seorang bayi. Alis dan bulu mata juga sudah terbentuk dengan mata yang masih dalam kondisi tertutup meskipun sudah mulai menunjukkan gerakan.
  • Sistem motorik janin diusia ini semakin berkembang dengan pesat dimana jari jemarinya sudah mulai terbentuk. Janin juga sudah mulai memainkan jarinya dengan mengepalkan tangan. ┬áNamun kulit janin diusia ini belum berkembang dengan sempurna dan masih terlihat keriput karena belum memiliki lapisan lemak.
  • Indera pendengaran janin juga sudah semakin meningkat. Janin 17 minggu sudah mampu mendengar bunyi dan suara yang berasal dari luar perut ibu. Maka tidak ada salahnya jika ibu memperdengarkan musik tenang, membaca ayat suci Al-quran, atau membacakan cerita baik pada janin dalam kandungan untuk membantu menstimulasi perkembangan otaknya.

Selain perkembangan pada janin, tubuh ibu juga mengalami berbagai perubahan yang cukup signifikasn karena kenaikan bobot tubuh yang cukup drastis. Ini disebabkan pula karena ibu sudah mulai bisa makan dengan baik tanpa gangguan morning sickness. Biasanya diusia kehamilan ini, ibu bisa mengalami kenaikan hingga 6 kg. Meskipun kenaikan berat badan adalah hal yang wajar, penting bagi ibu untuk tetap mengontrol agar kenaikan bobot tidak lebih dari 15kg. Maka, berikut hal yang bisa dilakukan agar perkembangan janin tetap sempurna dan ibu dalam kondisi sehat:

  • Mengonsumsi makanan sehat dan kaya nutrisi dalam porsi seimbang.
  • Menghindari berbagai makanan yang tidak sehat seperti makanan cepat saji, makanan berpengawet atau berpemanis buatan, dll.
  • Melakukan aktifitas fisik seperti olahraga ringan secara rutin misalnya 3-4 kali dalam seminggu.
  • Mengganti jenis camilan yang mengandung gula dan garam yang terlalu tinggi dengan camilan lebih sehat seperti kacang-kacangan atau buah-buahan.
  • Menghindari faktor penyebab stres karena ini bisa saja berkontribusi pada kenaikan bobot tubuh yang drastis dan tidak baik untuk perkembangan janin 17 minggu pada kehamilan.