Kehamilan

Perkembangan Pada Janin Usia 11 Minggu

Disetiap minggunya, janin mengalami perkembangan dan tubuh ibu mengalami berbagai perubahan. Perkembangan janin usia 11 minggu misalnya, adalah momen yang cukup dinantikan. Mengapa? Ini karena sebentar lagi ibu akan memasuki trimester kedua yang juga berarti ibu akan segera terbebas dari berbagai gejala kehamilan atau morning sickness seperti mual, muntah, pusing, dan kehilangan nafsu makan. Berbagai keluhan tersebut akan semakin jarang muncul ketika kehamilan ibu akan memasuki trimester kedua.

Perkembangan seperti apa yang dialami janin ketika ia memasuki usia 11 minggu dalam kandungan ibu?

  • Biasanya pada usia kehamilan 11 minggu, jantung janin sudah bisa berdetak dengan cukup cepat. Namun jangan berharap ibu bisa merasakannya dengan jelas. Ibu hanya bisa merasakannya sesekali. Diperkirakan jantung janin diusia ini berdetak sekitar 120-140 kali per menit. Sebenarnya, denyutan jantung janin ini dua kali lipat lebih intens dibanding detak jantung ibu. perkembangan jantung janin juga semakin membaik karena sudah ada struktur empat balik. Meski begitu, dinding batas pembagi bilik belum terbentuk seutuhnya. Ia akan terbentuk sampai setelah kelahiran dan berfungsi dengan sempurna.
  • Perkembangan yang terjadi pada janin usia 11 minggu ialah mulai terbentuknya lapisan kulit. Lapisan kulit tentu saja menjadi bagian penting tubuh janin untuk melindungi tubuh. Selain lapisan kulit, jaringan lainnya akan terus tumbuh misalnya jaringan yang akan menjadi cikal bakal trbentuknya kuku jari tangan dan kaki.
  • Ukuran tubuh janin juga mengalami perkembangan yang cukup signifikan diusia ini yaitu mencapai 5cm. Diusia ini juga kepala janin sudah mulai terbentuk dimana kepalanya berkembang mendekati sekitar setengah panjang badan janin itu sendiri.

Tidak hanya perkembangan janin saja yang terjadi ketika kehamilan ibu memasuki usia 11 minggu. Ada berbagai perubahan pula yang terjadi pada tubuh ibu ketika janin usia 11 minggu. Berikut diantaranya:

  • Biasanya diusia kehamilan ini ibu mulai merasakan ngidam. Ini disebabkan karena gejala morning sickness yang semakin berkurang sehingga nafsu makan ibu perlahan kembali bahkan meningkat dari sebelumnya. Tidak perlu khawatir dengan ngidam karena menurut sebagian para ahli, ngidam adalah hal yang normal sebagai cara tubuh ibu mengatakan apa yang diinginkan. Secara ilmiah memang tidak ada korelasi antara kehamilan dan ngidam. Namun ini bukanlah kondisi yang membahayakan sehingga tidak masalah jika saat hamil ibu menginginkan makanan tertentu.
  • Nafsu makan ibu diusia kehamilan ini mulai kembali normal dan bahkan bisa meningkat ebrkali-kali lipat. Meski begitu, disarankan untuk tetap menjaga pola makan agar tetap sehat dan seimbang. Pilihlah makanan yang mengandung nutrisi tinggi dan penting untuk mendukung perkembangan janin.
  • Memasuki kehamilan 11 minggu atau hampir 3 bulan, perut ibu mungkin akan mulai menunjukkan benjolan meskipun belum terlalu nampak. Disarankan agar ibu mengenakkan pakaian berbahan nyaman dan tidak ketat. Biasanya diusia kandungan ini ibu mulai bisa merasakan ada sesuatu dalam perut. Terkadang ibu menganggapnya perut kembung. Sehingga memang disarankan untuk memakai pakaian yang longgar agar kondisi perut lebih nyaman.

Di minggu-minggu memasuki trimester kedua ini, perubahan tubuh ibu dan perkembangan janin akan semakin signifikan. Tubuh janin akan terus terbentuk hingga sempurna dan tubuh ibu akan terus mengalami kenaikan bobot. Pastikan untuk selalu memantau kesehatan ibu dan janin usia 11 minggu dan kedepannya dengan memeriksakan diri secara rutin ke dokter kandungan maupun bidan.