Kehamilan

Perkembangan Yang Terjadi Pada Janin 14 Minggu

Setiap minggunya, ibu pasti mengharapkan perkembangan janin dalam kandungan berjalan dengan lancar sebagaimana mestinya. Ketika usia janin 14 minggu, maka akan terjadi ebrbagai perubahan baik pada janin itu sendiri maupun pada ibu. Agar perkembangan janin dan kehamilan tetap baik, maka sangat dianjurkan untuk memenuhi asupan nutrisi yang tepat, lengkap, dan seimbang.  Nutrisi adalah salah satu kunci agar perkembangan janin sempurna dan kehamilan berlangsung tanpa gangguan. Berikut perkembangan yang terjadi pada janin ketika usia kehamilan mencapai 14 minggu:

  • Ada perkembangan yang cukup signifikan pada janin ketika memasuki usia 14 minggu yaitu mulai tumbuhnya bulu-bulu halus pada tubuh janin terutama dibagian kepala yang menjadi cikal bakal rambutnya nanti. Selain dibagian kepala, bulu-bulu halus juga mulai tumbuh dibagian lain seperti alis, dll.
  • Dari segi ukuran, janin diusia 14 minggu sudah mencapai 8 cm. Bobotnya pun semakin bertambah yaitu sekitar 40 gr. Namun perlu diingat bahwa ini bukanlah ukuran atau bobot absolut karena ukuran panjang dan berat janin yang dimiliki setiap ibu berbeda. Perkembangan bobot dan ukuran tubuh janin akan lebih signifikan memasuki trimester kedua dan ketiga.
  • Diusia kehamilan 14 minggu ini telah hadir jaringan kulit yang menutupi tubuh janin. Namun, kulit ini masih berupa lapisan tipis dan masih akan terus terbentuk sesuai dengan tahapan perkembangannya diminggu-minggu berikutnya.
  • Diusia ini juga bagian organ dalam janin semakin berkembang dengan pesat. Beberapa organ internal penting pada janin yang perkembangannya semakin meningkat ialah ginjal dan limpa. Organ lainnya juga akan ikut menyusul berkembang seiring bertambahnya usia kehamilan.
  • Kemampuan janin diusia 14 minggu semakin pesat ditandai dengan kemampuan janin untuk menghisap ibu jarinya sendiri. Selain itu, ia juga sudah mulai menelan cairan ketuban sebagai sumber makanannya.

Sangat tidak dianjurkan untuk melewatkan sesi pemeriksaan bersama dokter atau bidan. Sesi rutin yang berlangsung setiap bulannya ini penting untuk mengetahui perkembangan janin dan untuk mendeteksi lebih dini jika ada gangguan kesehatan baik pada ibu maupun janin. Berikut beberapa tips yang disarankan untuk ibu pada usia kehamilan dengan janin 14 minggu:

  • Pastikan untuk menjaga agar tubuh tetap terhidrasi dengan baik dengan minum air putih minimal 8-10 gelas per hari dan memeprbanyak konsumsi buah dan sayur. Tubuh perlu terhidrasi dengan baik agar aliran darah dalam tubuh ibu lancar dan mampu mengalirkan nutrisi penting serta oksigen yang penting untuk perkembangan janin.
  • Hindari konsumsi makanan cepat saji, mengandung pengawet atau pemanis buatan, serta makanan kalengan. Usahakan agar mengonsumi makanan dari bahan-bahan yang segar dan diolah dengan benar.
  • Hindari melakukan aktifitas yang terlalu berat karena tubuh ibi diusia kehamilan trimester pertama masih rentan begitupun dengan kondisi janin. Pastikan untuk melakukan aktfitas fisik secukupnya dan mengatur jadwal istirahat dengan baik. Sempatkan untuk tidur siang 30-60 menit.
  • Sebaiknya hindari pemakaian sepatu berhak tinggi seperti high heels maupun stiletto yang membuat bobot bertumpu pada bagian bawah tubuh. Ini bisa menyebabkan ketidaknyamanan pada tubuh dan beresiko juga terhadap janin yang masih rentan. Penggunaan sepatu jenis ini menimbulkan resiko kecelakaan meningkat seperti keselo, terpeleset, dll.

Perkembangan janin sangat ditentukan dengan kondisi fisik dan mental ibu. Jika tubuh dan fikiran ibu sehat, maka perkembangan janin juga akan lancar. Banyak momen penting pada perkembangan janin 14 minggu dan minggu-minggu selanjutnya.