Kehamilan

Perkembangan Yang Terjadi Pada Janin 34 Minggu?

Setiap tahapan perkembangan janin dalam kandungan tentunya merupakan proses yang penting. Tidak heran jika ibu ingin selalu bisa menikmati setiap momen kehamilan yang dijalani. Ada banyak tahapan perkembangan janin yang terjadi terutama jika usia janin 34 minggu dalam kandungan ibu. Tubuhnya bisa dikatakan telah berkembang dengan sempurna. Ini merupakan epriode-periode akhir trimester ketiga kehamilan. Diperiode ini pula ibu mulai mempersiapkan mental untuk menghadapi proses persalinan yang akan tiba dalam waktu kurang lebih 2 minggu kedepan jika tidak ada gangguan.

Apa saja perkembangan yang terjadi pada janin diusianya yang mencapai 34 minggu dalam kandungan? Berikut penjelasan singkatnya:

  • Perkembangan yang siginifkan tentunya terjadi pada janin terutama dalam hal bobotnya. Janin memiliki bobot tubuh mencapai 2,2 kg. Sedangkan untuk panjang tubuhnya sudah mencapai sekitar 45 cm. Biasanya ukuran perut ibu diusia kandungan ini juga sudah ebrada pada puncaknya.
  • Diusia yang telah hampir mencapai 9 bulan ini, kulit janin memiliki lebih banyak lapisan lemak. Hal ini tentunya sangat baik karena lapisan lemak tersebut bisa menjaga janin agar selalu ada pada suhu yang nyaman. Lapisan lemak juga tentunya menjadi bagian penting untuk menjaga tubuh janin bagian dalam.
  • Kemudian, perkembangan juga terjadi pada tulang-tulang janin dimana mereka tumbuh dan berkembang semakin kuat diusia kandungan ini. Tidak ada perubahan yang berarti pada perkembangan janin 34 minggu karena pada dasarnya janin telah terbentuk dengan sempurna sebagaimana seorang bayi yang siap untuk dilahirkan.
  • Posisi janin diusia ini sudah dalam keadaan meringkuk. Hal ini karena tubuhnya yang semakin memanjang. Biasanya janin menekuk lututnya dan merapatkannya kedada. Pada masa ini, janin masih bergerak dengan aktif didalam rahim.
  • Janin diusia kandungan ini sudah memiliki kuku ditangan dan kakinya. Selain itu, ginjalnya pun sudah berkembang dengan sempurna. Bahkan organ hati janin juga sudah bisa mengeluarkan materi buangan. Di minggu-minggu selanjutnya, janin akan mengalami kenaikan berat badan namun tidak begitu drastis.

Diusia kandungan ibu di trimester akhir ini, bobot tubuh ibu juga semakin meningkat. Selain memang karena ukuran tubuh janin yang semakin memebsar, ini juga dipengaruhi karena pola makan ibu yang meningkat pula. Maka perlu diperhatikan agar bobor tubuh tidak meningkat secara berlebihan. Berat badan berlebihan bisa memicu berbagai serangan penyakit seperti diabetes atau hipertensi yang sebenarnya bisa menganggu proses persalinan nanti. Maka pastikan untuk menjaga pola makan agar tetap sehat dan seimbang.

Disamping itu, biasanya ibu lebih sering mengalami gangguan seperti sesak nafas ketika memasuki usia kandungan 34 minggu. Ini karena ada desakan dari rahim pada sistem pernapasan sehingga kadang ibu mengalaminya. Perut ibu juga semakin hari semakin besar dan tubuh pun akan meresponnya dengan sering mengalami sakit punggung karena tulang punggung ibu harus menahan beban perut yang membuncit. Ini bisa berakibat pada munculnya gangguan seperti  cepat lelah, sulit berjalan dan bahkan kaki membengkak. Kaki bengkak adalah hal wajar karena ibu mengalami penumpukkan cairan. Ibu bisa menyiasatinya dengan jalan-jalan pagi atau sore hari agar bengkak tidak begitu mengganggu. Diusia kehamilan ini, ibu juga cenderung lebih sering ingin buang air kecil karena posisi rahim yang semakin menekan kandung kemih. Disarankan untuk ibu selalu siaga ketika usia janin 34 minggu. Perhatikan selalu setiap perubahan dan perkembangan yang terjadi pada kandungan.