Penantian lahirnya sang buah hati tentu adalah hal yang paling mendebarkan sekaligus membahagiakan bagi setiap pasangan yang ada di dunia ini. Sebelum si buah hati lahir tentunya para orang tua akan menyiapkan perlengkapan-perlengkapan bayi yang dibutuhkan. Perlengkapan ini harus dipersiapkan sebelum kelahiran buah hati tiba, karena perlengkapan-perlengkapan bayi yang baru lahir ini sangat penting sekali. Oleh karena itulah banyak orang tua yang mempersiapkan peralatan untuk bayi mereka dari jauh-jauh hari sebelum kelahiran tiba.

Menyiapkan peralatan untuk bayi baru lahir sebelum hari kelahiran ini memang sangat penting. Karena saat melahirkan semuanya akan fokus kepada sang ibu dan kelangsungan kelahiran sang buah hati, oleh karena itu jika perlengkapan bayi belum disiapkan maka akan membuat keadaan semakin repot saja. Jika perlengkapan bayi  baru lahir sudah siap maka tugas selanjutnya hanya tinggal fokus pada sang ibu dan buah hati anda tanpa memikirkan harus membeli perlengkapan bayi lagi.

Berikut ini adalah perlengkapan bayi baru lahir yang harus disiapkan terlebih dahulu

  1. Set matras dan kelambu

Matras untuk bayi akan memberikan kenyamanan pada buah hati anda ketika tidur. Yang harus diingat saat membeli matras adalah pilihlah matras yang lembut dan juga empuk agar buah hati anda tetap nyaman ketika dibaringkan di atas matras. Tak lupa untuk memilih matras yang sudah memiliki kelambu agar sang buah hati terhindar dari gangguan nyamuk dan serangga lainnya.

  1. Perlak

Perlak dapat berfungsi sebagai alas saat sang buah hati  buang air kecil tidak langsung tembus ke matras saat dibaringkan. Selain itu juga perlak dapat berfungsi sebagai alas ketika anda hendak kemandikan sang buah hati.

  1. Pompa ASI

Jika anda adalah seorang wanita karier dan akan kembali bekerja saat sang buah hari berusia 3 atau 4 bulan maka pompa ASI sangat dibutuhkan untuk memasok kebutuhan ASI sang buah hati selama anda bekerja.

  1. Kain bedong

Kain bedong adalah peralatan selanjutnya yang harus anda miliki. Karena saat bayi baru lahir itu akan selalu dibalut oleh kain bedong agar tetap hangat.

  1. Set baju-baju bayi

Baju-baju bayi ini akan digunakan setelah pulang dari rumah sakit. Oleh karena itu baju bayi harus dipersiapkan terlebih dahulu. Set baju-baju bayi ini meliputi baju, baju dalam, celana, sarung tangan, sarung kaki dan kain popok. Set baju-baju bayi  memang sangat dibutuhkan ketika bayi baru lahir.

  1. Peralatan mandi

Peralatan bayi ini meliputi bak mandi bayi yang terbuat dari plastik, sabun dan shampoo bayi, minyak telon, dan handuk. Saat membeli handuk pastikan anda memilih bahan yang paling lembut karena kulit bayi yang baru lahir sangat sensitif dan memerluka bahan yang benar-benar lembut.