Persiapan Melahirkan, Ini yang Harus Dilakukan

Pada umumnya proses melahirkan akan terjadi di usia kehamilan 40 minggu atau 9 bulan, di usia tersebut kondisi fisik bayi sudah siap untuk melihat dunia. Tetapi ada juga wanita yang melahirkan tidak pada kurun waktu 40 minggu atau 9 bulan. Jika sudah memasuki waktu tersebut, baiknya anda mempersiapkan untuk proses persalinan anda, lalu apa saja yang harus anda siapkan menjelang hari kelahiran sang bayi? Dan perlengkapan apa saja yang perlu anda bawa? Jika anda hendak melahirkan secara normal, lakukanlah beberapa latihan ini, menjelang persiapan melahirkan anda seperti berikut :

  1. Latihan Pernapasan

Lakukanlah latihan pernapasan, jika anda melahirkan secara normal,  hal ini sangat membantu, ketika anda dapat mengatur pernafasan anda dengan baik dan teratur akan membantu saat proses persalinan, mulailah saat anda sedang berbaring, berdiri dan divariasikan dengan beberapa gerakan kaki dan tangan.

  1. Perkuat otot paha dan panggul

Memperuat otot paha dan panggul juga sangat membantu untuk proses persalinan, karena kedua otot tersebut yang akan bekerja lebih keras untuk proses persalinan anda, anda bisa memulai dengan cara berjongkok dan menggerakan lutut dan paha secara perlahan lahan, hal tersebut juga dapat membantu posisi bayi tepat saat melahirkan, lakukanlah kegiatan tersebut selama 5-10 menit.

  1. Latihan Kegel

Melatih otot – otot pada area kewanitaan anda, tak kalah pentingnya untuk membantu proses persalinan anda, selain itu, latiha kegel berguna untuk mencegah wasir juga pembekuan darah dan terjadinya robekan, dengan cara, menarik otot area kewanitaan dan menahan nya selama beberapa detik saja, anda dapat melakukannya saat duduk dan bersantai.

  1. Senam Kaki dan Punggung

Tidak hanya panggul, kaki dan punggung perlu diperkuat, menjelang persalinan, nyeri pada punggung akan terasa diakbitkan menahan beban, dengan cara latihan menempatkan tubuh anda dengan posisi merangkak, dengan siku dan lutut sbagai tumpuan, lalu tarik otot bokong lalu lepaskan, lakukanlah 10x sehari. Memperkuat otot kaki dengan cara menggerakan lutut secara naik dan turun, pelan pelan saja, anda bisa melakukannya setiap hari, atau mulai saat 30 minggu usia kehamilan anda.

 

Selain latihan tersebut, berikut beberapa perlengkapan yang harus anda siapkan sebelum melahirkan, sebagai berikut :

  1. Tas berisikan alat mandi dan pakaian
  2. Perlengkapan bayi yang telah anda siapkan jauh-jauh hari
  3. Makanan atau cemilan
  4. Alat hiburan seperti majalah, buku yang berisikan hal-hal positif yang mampu menenangkan anda sebelum melahirkan
  5. Alat tidur yang nyaman
  6. Jika anda tipikal yang kerap mengabadikan momen, anda bisa membawa handphone atau alat perekam video untuk mengabadikan momen yang menurut anda penting.