Persiapan Menjelang Persalinan Yang Wajib Diketahui

Menjelang persalinan, ibu mulai merasakan kekhawatiran yang lebih intens dari biasanya. Selain memang dipengaruhi faktor hormona, ini merupakan hal yang wajar terjadi karena persalinan bukanlah hal yang mudah. Persalinan yang normal bisa memakan waktu 30 menit sampai berjam-jam, tergantung dari kondisi dan situasi yang ada. Namun jika kondisi ibu fit tidak ada keluhan atau komplikasi kesehatan, maka biasanya proses persalinan akan berjalan dengan baik tentunya dengan bantuan dokter atau bidan. Karena persalinan bukanlah hal yang sepele, penting untuk ibu mengetahui apa saja yang harus dipersiapkan untuk menyambut persalinan.

Mempersiapkan berbagai kebutuhan untuk persalinan perlu dilakukan setidaknya ketika ibu mulai memasuki usia kehamilan trisemester akhir. Berikut beberapa persiapan dasar yang harus ibu lakukan:

  • Mencari dan menentukan rumah sakit atau tempat untuk ibu melakukan persalinan. Ibu bisa memilih sesuai dengan apa yang membuat ibu nyaman. Ibu bisa memilih untuk melahirkan dirumah dengan bantuan bidan ataupun menjalani persalinan di rumah sakit. Pastikan untuk mencari informasi lengkap mengenai hal ini.
  • Siapkan apa saja yang ibu butuhkan untuk proses persalinan nanti. Ibu harus mulai packing pakaian yang nyaman beserta beberapa baju ganti dan pakaian dalam. Siapkan pula kebutuhan pribadi lainnya yang sekiranya akan dibutuhkan menjelang persalinan. Beberapa perlengkapan tambahan yang bisa ibu persiapkan seperti majalah, buku, mp3 dsb untuk membantu ibu rileks menjelang persalinan. Ibu juga bisa membawa bra menyusui dan popok maternity yang akan ibu butuhkan setelah proses persalinan.
  • Perlengkapan bayi yang bisa ibu persiapkan diantaranya popok, sarung tangan, selimut, kaus kaki, baju, dll. Jika perlu, ibu bisa membawa keranjang bayi sendiri untuk digunakan bayi selama berada dirumah sakit.
  • Pastikan untuk mencuci semua barang-barang yang akan dibawa untuk proses persalinan nanti.. Masukkan semua barang kebutuhan dalam tas dan tempatkan diarea yang terlhat dan bisa dijangkau dengan mudah. Ini penting untukdilakukan agar ketika waktu persalinan sudah datang, ibu atau suami bisa langsung membawa tas tersebut dengan mudah terutama jika ibu menentukan untuk melakukan persalinan di rumah sakit atau klinik bersalin.

Selain mempersiapkan hal-hal mendasar diatas, penting juga untuk ibu memmilih metode melahirkan yang ibu rasa paling nyaman. Berikut beberapa jenis persalinan yang bisa ibu ketahui da disuksikan bersama dokter kandungan:

  • Pertama ada persalinan normal yang paling aman dan paling sering dipilih ibu. Metode ini aman dilakukan jika kondisi ibu dan jai juga sehat dan tidak ada komplikasi apapun. Persalinan alami ini membutuhkan kondisi fisik yang fit dan kuat.
  • Kedua ada metode operasi caesar yang biasanya dipilih jika ada resiko tertentu yang membahayakan ibu atau janin jika persalinan normal dilakukan. Namun metode ini juga bisa dipilih meskipun ibu bisa melakukan persalinan normal.
  • Ketiga, ada metode water birth dimana persalinan dilakukan didalam kolam kecil berisi air dengan suhu yang disesuaikan dengan suhu ideal bayi. Metode ini diklaim bisa mengurangi rasa sakit saat kontraksi maupun persalinan.

Memilih jenis persalinan memang sepenuhnya hak ibu. Namun metode yang dipilih sebaiknya didiskusikan dengan dokter kandungan atau bidan untuk menentukan apakah metode yang diambil aman untuk dilakukan. Selain itu, penting pula bagi ibu untuk memantau perkembangan kehamilan. Ini berguna untuk mencegah dan mengetahui sedari dini jika ada kelainan pada kehamilan yang dapat beresiko terhadap persalinan nantinya. Itulah informasi seputar apa saja hal-hal yang ibu butuhkan menjelang persalinan agar prosesnya nanti lancar.