Kehamilan

Perubahan dan Perkembangan Janin 21 Minggu Yang Penting Untuk Ibu Ketahui

Kini ibu sudah memasuk usia kehamilan 21 minggu atau trimester kedua. Diusia kehamilan ini, kondisi tubuh ibu sudah mulai nyaman dan terbebas dari morning sickness. Perkembangan janin 21 minggu juga terus berjalan. Selain tubuh ibu, kondisi janin diusia ini juga lebih stabil dan kuat. Diusia kehamilan inilah yang masuk dalam kategori aman untuk ibu melakukan perjalanan misalnya liburan keluar kota. Yang paling dirasakan pada usia kehamilan ini ialah nafsu makan yang meningkat karena berbagai gejala kehamilan seperti pusing, mual dan muntah sudah semakin berkurang bahkan tidak dirasakan sama sekali. Dampaknya, tubuh ibu akan terasa lebih bugar dan fit. Selain itu, perubahan fisik juga semakin signifikan dimana perut ibu sudah semakin membuncit karena ukuran janin yang semakin besar pula.

Yang terjadi pada janin berusia 21 minggu

Bobot janin diusia 21 minggu ini sudah mencapai 340 gram dengan panjang sekitar 21,6 cm. Ini memicu perubahan pada rahim ibu dimana ukurannya juga semakin bear untuk menyesuaikan dan mengakomodasi tubuh janin sesuai ukurannya. Tubuh janin diusia ini sudah semakin menyerupai bayi yang telah siap lahir meskipun masih dalam ukuran yang masih sangat kecil. Diusia ini, kelopak dan alis mata janin sudah mulai terbentuk dengan lebih jelas.

Rata-rata bobot bayi diusia kehamilan 21 minggu ini mulai melebihi berat dari plasenta yang merupakan sumber kehidupan bagi janin dalam kandungan. Plasenta menyuplai oksigen dari ibu agar janin bisa bernafas. Ini karena janin belum memiliki sistem pernafasan yang sempurna karena pasru-parunya belum berfungsi secara optimal. Kemudian perkembangan janin 21 minggu juga meliputi organ internalnya. Organ-organ internal janin mulai berkembang untuk menyiapkan fungsinya dengan baik. Organ pankreas janin semakin matang. Sistem pencernaan janin pun semakin berkembang dan berfungsi dengan baik. Selain itu, bibir dan mata janin semakin terlihat bentuknya.

Bulu-bulu halus yang disebut lanugo diusia kandungan ibu yang mencapai 21 minggu ini sudah mulai menutupi tubuh janin. Lanugo berfungsi untuk melindungi tubuh janin agar tetap pada suhu yang ideal agar janin tetap nyaman. Nantinya bulu-bulu halus ini akan menghilang sebelum janin dilahirkan.  Kemudian, aktifitas motorik janin diusia ini juga semakin sering. Gerakan-gerakan janin yang sangat aktif akan mulai bisa diraskan ibu diusia kandungan ini. Tentu saja ini merupakan momenkehamilan yang paling dinanti karena ibu sudah mulai bisa merasakan janin yang hidup dalam kandungan dengan lebih nyata. Disamping itu, biasanya diusia janin yang mencapai 21 minggu ini jenis kelaminnya sudah mulai bisa terbentuk. Perkembangan tersebut akan terus berjalan sampai janin siap untuk dilahirkan.

Meskipun diusia ini nafsu makan ibu sudah semakin meningkat karena gejala awal kehamilan sudah jarang terjadi namun pastikan untuk tetap mengatur pola makan yang sehat dan seimbang. Meskipun sedang menjalani kehamilan dan nafsu makan meningkat berkali-kali lipat namun bukan porsi makan ibu juga harus bertambah berkali-kali lipat. Pastikan untuk memilih menu makanan yang sehat dan bervariasi setiap harinya. Selain itu, pastikan agar tubuh tetap fit dengan rutin berolahraga ringan. Meskipun tubuh terasa lebih bugar dan fit, namun bukan berarti ibu bisa memforsirnya dengan bekerja secara berlebihan. Pastikan untuk mengurangi beban kerja dan mencukupi kebutuhan istirahat agar perkembangan janin 21 minggu ini dan kedepannya tetap berjalan sehat dan normal.