Kehamilan

Perubahan dan Perkembangan Yang Terjadi Pada Kehamilan 13 Minggu

Momen kehamilan adalah momen yang berharga karena perjuangan ibu tidaklah sebentar. Banyak perubahan yang terjadi terutama pada kehamilan 13 minggu. Perubahan tersebut bukan hanya terjadi pada fisik ibu namun juga perkembangan janin. Tubuh ibu akan semakin ebradaptasi dengan perubahan hormon dan janin dalam kandungan juga akan semakin berkembang secara optimal. Diusia kehamilan 13 minggu ini gejala kehamilan yang menganggu atau sering disebut dengan morning sickness bisanya mulai berkurang. Sehingga ibu bisa lebih mudah mengonsumsi makanan dan tubuh terasa lebih nyaman.

Diusia kehamilan 13 minggu, bayi mengalami berbagai perkembangan seperti:

  • Perkembangan yang paling signifikan terjadi pada ukruan janin yang sudah mencapai sekitar 6.7 cm. Bobotnya juga semakin bertambah yaitu mencapai sekitar 23 gr. Perkembangan pada ukuran tubuh janin ini juga membawa pada perkembangan rahim dimana ukurannya semakin besar untuk mengakomodasi janin itu sendiri.
  • Selain terjadi eprkembangan pada ukuran tubuh janin, aktifitas janin juga semakin berkembang dimana ia semakin aktif bergerak dalam kandungan. Bahkan dikatakan bahwa diusia kehamilan ini, janin dalam kandungan ibu sudah mulai bisa merasakan rangsangan sentuhan diperut ibu dan meresponnya. Namun jangan berhadap ibu bisa merasakannya dengan jelas karena ukuran janin juga masih sangat kecil.
  • Terjadi pula perkembangan pada organ internal janin. Organ-organ tersebut mulai berkembang dan mempersiapkan proses pembentukan sesuai dengan tahapannya. Tentu saja perkembangan ini sangat penting untk mendukung kehidupan janin nantinya.

Meskipun diusia kehamilan 13 minggu ini ibu sudah mulai bisa menjalani kehamilan dengan nyaman tanpa morning sickness yang terlalu intens, namun bukan berarti ibu bisa terlepas sepenuhnya dari gejala kehamilan tersebut. Gejala-gejala tersebut masih akan datang dan pergi namun setidaknya intensitasnya sudah berkurang dan ibu mulai bisa beraktifitas normal. Meski begitu, pastikan agar kehamilan ibu akan terus berjalan nyaman dan lancar dengan beberapa tips berikut:

  • Seperti yang dikatakan sebelumya bahwa perkembangan janin yang cukup pesat diusia kehamilan ibu yang mencapai 13 minggu ini berpengaruh pada membesarnya ukuran rahim. Perut ibu sudah mulai akan nampak benjolan. Maka ibu sangat direkomendasikan untuk mulai mengenakan pakaian yang nyaman sehingga tidak menganggu sirkulasi darah. Gunakan pakaian berbahan lembut dan cenderung longgar agar tidak memicu mual atau begah diperut.
  • Karena ibu sudah mulai nyaman untuk mengonsumsi makanan, pastikan untuk menjaga asupan makanan dan hanya memilih makanan bernutrisi sehat dan seimbang. Jika ibu masih mengalami morning sickness, maka pilihlah makanan yang tidak mengandung bumbu kuat. Selain itu, variasikan menu harian agar ibu tidak bosan serta agar kebutuhan nutrisi ibu dan janin dapat terpenuhi dengan baik.
  • Diusia kehamilan yang masih rentan ini, ibu tidak dianjurkan untuk melakukan perjalanan jauh yang membuat ibu berjam-jam diperjalanan. Janin masih dalam kondisi yang rentan etrhadap goncangan. Jika ibu merasa bosan, maka bisa jalan-jalan ringan ke taman terdekat. Ini bisa membantu tubuh ibu tetap fit dan tentunya mengurangi rasa jenuh.

Untuk mengembalikan kebugaran, ibu bisa melakukan aktifitas misalnya berolahraga secara rutin. Namun pastikan untuk memilih jenis olahraga ringan yang tidak membebani fisik ibu. Kemudian, ibu juga bisa mengatur pola makan dengan mengatur jadwal makan 5 kali sehari namun dalam porsi kecil untuk membantu mengatasi morning sickness yang masih datang dan pergi diusia kehamilan 13 minggu ini. Pastikan juga untuk memenuhi kebutuhan istirahat harian.