Posisi Tidur Ibu Hamil yang Paling Tepat

Banyak sekali dari ibu hamil yang masih merasa bingung dengan posisi tidurnya. Karena bagaimana pun juga posisi tidur ini sangat berpengaruh dengan nyaman atau tidaknya si bayi. Ketika kehamilan pada trimester yang pertama mungkin ibu hamil masih bisa tidur dengan posisi apapun. Namun saat kehamilannya sudah mulai membesar tentunya ia kebingungan dengan posisi tidur ibu hamil yang paling tepat. Menjaga kesehatan janin memang penting bagi ibu hamil.

Jadi sebagai ibu yang sedang hamil saat perutnya sudah mulai membesar, ia harus tahu dengan posisi tidur yang paling nyaman baginya dan si bayi. Hal ini tentunya bisa berdampak pula bagi kesehatan ibu bayi. Bagi anda yang masih merasa bingung dengan posisi tidur ibu hamil.

Berbagai posisi tidur yang paling aman

  • Posisi tidur ibu hamil secara tengkurap

Tentunya dengan posisi tidur secara tengkurap ini terbilang aman bagi ibu yang sedang hamil. Pada saat kehamilan trimester yang pertama biasnaya payudara mengalami pembesaran sehingga akan lebih sensitif. Sehingga hal tersebut bisa membuat rasa tidak nyaman bagi sebagian ibu hamil ketika tidur dengan posisi yang tengkurap.

  • Posisi tidur ibu hamil dengan telentang

Konon katanya posisi tidur dengan cara telentang ini begitu dianjurkan bagi ibu yang sedang hamil. Tetapi saat usia kehamilannya sudah masuk usia 16 minggu sudah tidak dianjurkan bagi ibu hamil tidur telentang. Tidur secara telentang ini nyatanya bisa meningkatkan suatu resiko terkena wasir, gangguan pencernaan, sakit pinggang maupun mengganggu pernafasan. Jadi pada intinya posisi tidur secara telentang ini paling cocok bagi ibu hamil dengan usia kehamilan di bawah 16 minggu.

  • Posisi tidur ibu hamil dengan miring ke kiri atau ke kanan

Supaya posisi tidur anda terasa lebih nyaman maka anda bisa mengganti posisi tidur anda dnegan miring ke kiri maupun ke kanan. Posisi miring terbilang lebih nyaman dengan cara menaruh bantal antara dengkul dan juga satu di punggung. Bahkan anda pun juga bisa menggunakan bantal kehamilan yang dikhususkan bagi ibu hamil.

Menjaga kesehatan ibu dan bayi memang penting sekali. Apalagi saat usia kehamilannya sudah semakin besar. Dengan menerapkan posisi tidur yang nyaman pastinya bisa membuat kesehatan ibu dan janin tetap terjaga hingga kelahirannya nanti. Mungkin saat trimester pertama ibu hamil masih leluasa tidur dengan posisi apapun. Namun saat sudah memasuki usia kehamilan yang semakin besar tentunya anda perlu menerapkan berbagai posisi tidur di atas agar kehamilan tetap terjaga. Apabila anda masih merasa ragu maka anda bisa berkonsultasi dengan bidan maupun dokter kandungan. Sebab mereka lebih tahu dengan kondisi kehamilan anda.