Inilah proses kehamilan pada wanita

Sebelum kepada kehamilan, pasti ibu akan melewati masa subur terlebih dahulu hingga akhirnya sampai kepada proses kehamilan, dan tanda-tanda kehamilan, yang akan dirasakan oleh anda ialah  sebagai berikut :

Umunya masa subur akan terjadi saat ovulasi, perkiraan dalam waktu 5 hari sebelum terjadinya ovulasi, rata –rata masa subur wanita terjadi sekitar 12-16 hari sebelum siklus haid yang berikutnya, atau wanita mengalami masa subur antara 10-17 hari lamanya, setelah hari pertama siklus haid sebelumnya. Perhitungan di atas, berlaku untuk wanita yang masa suburnya teratur, yakni 28 hari, namun bila siklus haid anda berbeda, anda pun dapat mulai menghitung pada hari pertama siklus haid anda, dengan perhitungan yang tidak jauh berbeda. Yang menjadi tantangannya yakni masa haid wanita tidak sepenuhnya konsisten, dan kadang dapat berubah- berubah dari waktu ke waktu, biasanya 2-7 hari lamanya, kondisi tersebut membuat ovulasi dapat berubah satu minggu lebih awal lebih cepat, atau sebaliknya lebih lama. Di sisi lain pun kehamilan sangat bergantung pada proses sperma yang menjangkau sel telur, agar cepat hamil, sel telur matang dibuahi dengan kurun waktu 12- 24 jam.

Singkatnya waktu 12-24 jam waktu dari sel telur yang perlu dibuahi menjadikan pentingnya mendeteksi pada setiap harinya apakah anda berada pada posisi tidur yang subur, biasanya masa subur ini terhitung berdasarkan analisis siklus haid setidaknya selama 8 bulan terakhir, anda dapat menghitung dengan rumus berikut, Perlu diketahui tanggal Hari Pertama Haid Terakhir (HPHT) supaya dapat menentukan umur kehamilan dan tafsiran persalinan dengan rumus Neagle. Yaitu : Menghitung HPHT/Tafsiran Persalinan (Rumus Neagle) : Hari + 7,Bulan – 3, tahun +1

Contoh :

HPHT :  Tanggal 13 bulan 4 tahun 2018

Tafsiran persalinan : 13+7, 04-3, 2017+1

Jadi hasislnya : Tanggal 20-07+2018

Namun jika HPHT anda terjadi pada rentang waktu Januari –Maret maka rumusnya menjadi : (Tanggal + 7 Hari), (Bulan +9), (Tahun+0)

Contoh :

HPHT : 10-01-2017

Tafsiran persalinan = (10+7),(1+9),(2017+0)

Jadi hasilnya = 17-10-2017 atau 17 oktober 2017

Rumus di atas hanya dapat dipakai jika siklus haid ibu teratur yakni 28-30 hari. Jika siklusnya tidak teratur, untuk memperkecil kesalahan harus di koreksi :

Siklus haid pendek (26 hari). Bila perkiraan tanggal 13 maret maka dimundurkan dua hari menjadi 15  hari.

Siklus haid panjang (40hari). Bila perkiraan 12 maret di tambah 12 hari menjadi 24 maret. \

Dan berikut tanda-tanda yang akan anda rasakan :

  1. Mual muntah

Hal ini merupakan gejala umum yang dirasakan pada ibu hamil, mual muntah yang dialami pada ibu hamil umumnya terjadi di pagi hari yang disebut dengan morning sicknes, dalam batas fisiologis hal ini dapat diatasi hal ini dikarenakan meningkatnya hormon HCG (Human chorionic Gonadotrophin) secara tiba-tiba yang terjadi pada aliran darah anda atau ibu hamil, juga terjadi ke saluran air kencing, maka dari itu mengetahui kehamilan dapat diketahui melalui testpack.. Hormon HCG pun akan meimbulkan rasa mual yang akan terjadi hingg trimester kedua.

  1. Sakit Kepala/Pusing

Hal ini terjadi karena fisik merasa lelah pada ibu hamil, tekanan darah rendah, lapar, mual akan sering dirasakan. Kadangkala ibu hamil merasakan depresi, rasa tegang dan mengalirnya darah ke seluruh tubuh pun bisa  menjadikan rasa pusing pada ibu hamil.

  1. Fatigue

Rasa mengantuk, rasa lelah yang berlebihan pada ibu hamil dikarenakan adanya perubahan hormonal, dan semakin bertambahnya kinerja dari beberapa organ vital seperti jantung, ginjal, paru-paru, mengapa demikian ? karena organ-organ vital bukan bekerja untuk tubuh ibu saja namun juga bekerja untuk perkembangan janin, hal inilah yang mengakibatkan rasa lelah dan ngantuk yang berlebih pada ibu hamil.

 

 

  1. Anoreksia

Umunya pda kehamilan trimester satu, hal ini berkaitan erat dengan gejala mual muntah yang di alami oleh ibu hamil

 

  1. Sering berkemi

Sering berkemi terjadi karena kondisi kandung kemih yang tertekan oleh Rahim, yang kian membesar, gejala ini akan hilang pada trimester dua kehamilan, dan pada akhir kehamilan gejala ini akan muncul kembali pada ibu hamil, karenanya bagian kandung kemih tertekan oleh bagian terendah janin

  1. Mastodinia

Yaitu payudara ibu hamil menjadi lebih besar, tegang dan sedikit nyeri, hal ini di sebabkan oleh adanya pengaruh hormone estrogen dan progesterone, anda akan merasakan kondisi payudara anda menjadi lebih lembut, hal ini akan terasa sensitif dan menimbulkan rasa sakit ketika di sentuh sedikit saja, perubahan pada puting pun menjadi lebih besar dan berwana menjadi lebih gelap, kadang pula anda akan merasakan gatal pada bagian puting, dan pembuluh vena menjadi kentara karena terjadi penegangan pada payudara ibu hamil.

  1. Opstipasi

Terjadi akibat adanya pengaruh perubahan pola makan dan menyebabkan terhalangnya pergerakan fases di usus, hal ini mirip dengn konstipasi dimana ibu hamil mengalami kesusahan membuang fases dalam jangka waktu 3 sampai 5 hari lamanya, disertai dengan perut yang kembung karena adanya gas fases itu sendiri, pada ibu hamil terjadinya hal ini di akibatkan larena pengaruh hormone steroid.

  1. Hiperpigmmentasi kulit

Disebabkan oleh adanya pengaruh hormon steroid, umumnya di alami ibu hamil pada daerah leher, dan dinding perut serta daerah wajah, namun hal ini tidak dapat dipastikan tanda kehamilan karena tanda ini masilah dugaan sementara, sebetulnya gejala ini tidak lah berbahaya namun dampak nya bisa saja membuat ibu hamil merasa terganggu karena perubahan pada penampilan, dan kuran percaya diri.

  1. Varises

Disebabkan oleh adanya pelebaran vena-vena yang biasanya dapat terjadi pada kaki, betis, vulva dan payudara, biasanya  tampak sebagai area berwarna kebiruan. keunguan timbul di bagian permukaan kulit. umumnya varises di jumpai pada kehamilan trimester akhir. Jika terjadi varises, ibu hamil di anjurkan tidak melakukan pekerjaan yang berat, karena jika membawa atau memikul kegiatan atau barang berat akan mengakibatkan kondisi kehamilan tidak baik dan varises nya akan semakin parah.

  1. Mengidam

Hal ini umum dirasakan oleh ibu hamil, kondisi ini merupakan fenomena saat ibu hamil muda menginginkan sesuatu hal yang tidak biasanya atau tidak umum, baik itu ingin memakan sesuatu, melakukan sesuatu yang tidak biasanya, atau hal-hal yang tidak biasanya. Ibu hamil cenderung menginginkan hal ini dan hal itu, ada mitos yang dipercayai masyarakat, jika keinginan ibu hamil tidak di penuhi, maka akan berpengaruh pada sang jabang bayi.

 

Demikian hal-hal yang akan anda lalui pada proses kehamilan, dan beberapa hal yang akan anda rasakan menjelang proses kehamilan, semoga informasi di atas dapat membantu anda.