Serba-serbi Mengenai Alat Tes Kehamilan

Wanita yang sudah menikah akan sangat bahagia jika mendapati dirinya terlambat datang bulan. Karena, terlambat datang bulan bisa saja menjadi tanda bahwa ia sedang mengandung calon buah hatinya. Salah satu cara yang cukup akurat untuk mengetahui bahwa anda benar hamil atau tidak, anda bisa menggunakan Alat Tes Kehamilan.

Cara Penggunaan Alat Tes Kehamilan

Alat Tes Kehamilan ini bisa anda dapatkan dari apotik terdekat. Harganya juga cukup terjangkau. Selain itu penggunaannya juga sangat mudah. Anda hanya harus memegang alat tersebut saat akan buang air kecil, atau cukup celupkan Alat Tes Kehamilan ke dalam tempat yang sudah terisi urin anda. Saat terbaik melakukan test kehamilan menggunakan Alat Tes Kehamilan adalah setelah 9 hingga 12 hari setelah proses pembuahan karena biasanya pada hari tersebut HCG baru bisa terdeteksi dalam urin. Namun jika anda sudah tidak sabar untuk mengetahui hasilnya, maka anda bisa mendatangi dokter kandungan dan meminta untuk melakukan tes darah.

Selain menggunakan Alat Tes Kehamilan yang bisa anda beli di Apotek terdekat, anda juga bisa membuat sendiri Alat Tes Kehamilan dengan bahan yang mudah sekali didapatkan. Anda bisa menggunakan gula, garam, pemutih, dan juga sabun. Masing-masing dari bahan tersebut akan memberikan reaksi yang berbeda saat bertemu dengan hormone HCG. Ada yang mengeluarkan busa, bahkan berubah warna.

Keakuratan hasil Alat Tes Kehamilan

Tentu saja alat yang dijual di apotek maupun yang anda buat sendiri tidak selalu menunjukkan hasil yang akurat. Hasil yang ditunjukkan oleh Alat Tes Kehamilan juga dipengaruhi oleh beberapa faktor. Terkadang ada beberapa Alat Tes Kehamilan yang sensitivitas terhadap hormon HCG sangat rendah. Ketika anda melakukan test kehamilan pada urin pertama di pagi hari, Alat Tes Kehamilan dengan sensitivitas yang rendah akan menunjukkan hasil positif walaupun sebenarnya tidak. Hal lain yang menjadi faktor hasil Alat Tes Kehamilan adalah tanggal menstruasi yang tidak teratur, dan saat sel telur yang sudah dibuahi menempel pada uterus. Jika anda sudah menggunakan Alat Tes Kehamilan dan alat tersebut menunjukkan hasil positif, maka anda sebaiknya segera konsultasikan dengan dokter spesialis kandungan dengan membawa alat tersebut saat berkonsultasi. Beberapa alat juga memiliki aturan penyimpanan sendiri seperti contohnya harus disimpan dalam suhu tertentu, sesuai dengan petunjuk penggunaan dalam kemasan.

Gunakan Alat Tes Kehamilan dengan benar agar bisa mendapatkan hasil yang akurat. Beberapa alat yang sensitivitasnya rendah bisa saja memberikan hasil yang kurang akurat. Jika hasil yang ditunjukkan negative, mungkin saja anda salah menggunakan alat tersebut. Untuk mengetahui yang hasil yang akurat memang lebih baik berkonsultasi dengan dokter kandungan.