Kehamilan

Tahapan Perkembangan Janin 31 Minggu

Memasuki kehamilan usia 31 minggu, ibu biasanya semakin bersemangat dalam menjalani kehamilan. Tapi terkadang muncul juga kekhawatiran ketika ibu memikirkan tentang perkembangan janin 31 minggu. Biasanya diusia kehamilan ini ibu mulai memikirkan tentang proses persalinan dsb. Selain itu, ibu juga kadang mencemaskan tumbuh kembang janin apakah akan berjalan dengan optimal atau tidak. Hal tersebut wajar adanya namun tidak perlu sampai membuat ibu stres berlebihan.

Daripada mengkhawatirkan tumbuh kembang janin, akan lebih baik jika ibu memastikan perkembangan janin agar berjalan dengan lancar disetiap tahapan usianya. Tentu saja hal ini didukung dengan asupan nutrisi yang sehat dan seimbang. Berikut adalah beberapa tahapan perkembangan yang terjadi pada janin diusia kehamilan ibu yang sudah mencapai 31 minggu:

  • Kini bobot janin kian bertambah yakni menjadi sekitar 1.4 kg. Sedangkan untuk panjang janin diusia ini sudah mencapai 39 cm. Biasanya diusia kehamilan ibu yang mencapai 31 minggu ini, pertambahan panjangnya kian melambat namun bobotnya yang akan terus bertambah sampai waktunya dilahirkan nanti.
  • Diusianya yang mencapai 31 mnggu ini, Sistem pencernaan janin semakin berfungsi dengan baik. Janin sudah bisa mengeluarkan urin sebagai hasil dari sistem pencernaannya yang berfungsi dengan baik secara rutin. Disamping itu, paru-paru janin juga semakin berfungsi secara optimal. Janin diusia ini masih sering mengalami cegukan sebagai tanda bahwa paru-parunya semakin matang dan bersiap untuk bisa bernapas secara mandiri dengan baik nantinya.
  • Selain sistem pencernaan, indera pendengaran dan penglihatan janin juga semakin optimal perkembangannya. Diusia janin ibu yang mencapai 3 minggu ini adalah masa yang ideal untuk ibu memberikan ┬áberbagai stimulasi guna merangsang kemampuan pendengaran dan penglihatan janin. Ibu bisa memperdengarkan musik yang tenang atau memberikan stimulasi penglihatan dengan sesekali mengarahkan perut kearah dimana sumber cahaya berada.
  • Perkembangan janin 31 minggu juga ditandai dengan semakin aktif tubuhnya bergerak didalam kandungan ibu. Bahkan diusia ini janin sudah mulai bersiap untuk memposisikan diri pada posisi lahir dengan kepala dibawah. Biasanya kepala janin akan benar-benar ada dibawah ketika memasuki usia kehamilan 8 bulan.
  • Diusia kehamilan ini, kulit bayi akan semakin mulus dan bulu-bulu halus atau Lunago kian hari akan kian berkurang. Kulit janin diusia ini juga sudah dilapisi lapisan lemak sehingga membuatnya tidak lagi keriput.

Selain janin yang semakin berkembang, tubuh ibu juga akan kian mengalami perubahan yang cukup signifikan, diantaranya:

  • Sembelit atau konstipasi lebih sering dialami ibu diusia kandungan ini yang disebabkan karena melambatnya sistem pencernaan ibu dan meningkatnya bobot tubuh.
  • Diusia kehamilan ini tubuh ibu akan memproduksi hormon yang dapat menyebabkan persendian menjadi lebih longgar. Hal ini membuat kaki ibu membengkak dan lebih besar dari ukuran sebelumnya.
  • Insomnia juga lebih sering ibu alami diusia kehamilan ini. Biasanya ini dikarenakan ukuran perut yang kian membesar sehingga membuat ibu lebih sulit untuk mencari posisi tidur yang nyaman. Untuk mengatasinya ibu bisa menggunakan bantal untuk menyangga tubuh agar lebih nyaman. Ibu juga bisa konsumsi susu sebelum tidur agar lebih mudah tidur dan tidurpun lebih nyenyak.

Itulah informasi seputar perkembangan janin 31 minggu yang penting untuk ibu ketahui. Diusia kehamilan yang semakin matang ini, ada baiknya untuk ibu mulai merencanakan dan mempersiapkan persalinan baik memilih metode persalinan sampai memilih lokasi dimana ibu akan melahirkan.