Tanda Tanda Hamil Yang Bisa Anda Ketahui

Disaat sedang menantikan buah hati, terkadang anda tidak sabar untuk merasakan tanda tanda hamil. Sudah menjadi hal yang wajar memang bagi anda yang sedang menunggu kehadiran buah hati untuk segera mengenali ciri ciri yang muncul pada awal kehamilan. Sebenarnya ada cukup banyak tanda awal kehamilan yang bisa anda kenali. Namun setiap orang biasanya juga mengalami tanda yang berbeda-beda. Bahkan ada pula calon ibu yang bahkan tidak merasakan tanda-tanda awal kehamilan karena ciri-ciri yang muncul tidak begitu kuat. Gejala awal kehamilan juga variatif dari sisi intensitasnya. Ada yang mengalami gejala awal kehamilan tanpa keluhan, ada juga yang melaluinya dengan proses yang cukup melelahkan dan terasa berat.

Mengenali tanda tanda hamil pada perempuan

Hal pertama yang biasanya mengindikasikan adanya kemungkinan kehamilan ialah terlambat datang bulan. namun tentu saja ini hanya menjadi ciri awal dan tidak menjadi jaminan sepenuhnya anda tengah mengalami tahap awal kehamilan. Ini karena terlambat datang bulan juga bisa terjadi pada perempuan yang belum menikah sekalipun. Untuk itu, anda bisa mencoba mengenali tanda tanda lainnya seperti berikut:

  • Munculnya bercak darah atau flek yang keluar dari vagina. Ini menjadi tanda awal kehamilan yang disebabkan karena sel telur yang telah dibuahi berhasil menempel pada dinding rahim. Sehingga pada akhirnya keluar bercak darah atau flek. Berbeda dengan menstruasi bercak darah yang keluar hanya sedikit dan tidak berlangsung lama.
  • Mengalami perubahan pada payudara seperti pembuluh darah yang lebih terlihat, perubahan warna areola menjadi lebih gelap, dan payudara terasa lebih padat atau kencang. Ini menjadi tanda bahwa tubuh sedang mempersiapkan diri untuk menyusui nantinya.
  • Tanda berikutnya bisa dikenali dengan seringnya mengalami pusing, mual ataupun muntah terutama dipagi hari. Mual dan muntah biasanya disebabkan karena menumpuknya asam lambung pada malam hari. Sedangkan untuk pusing biasanya disebabkan karena ada penyempitan pembuluh darah dan menurunnya tekanan darah.
  • Tanda tanda hamil berikutnya ialah lebih sensitif terhadap aroma dan bau. Indera penciuman perempuan pada awal kehamilan menjadi lebih tajam namun ini disebabkan karena adanya perubahan hormon pada tubuh. Terkadang sulit bagi wanita hamil untuk mencium aroma parfum sekalipun.
  • Berkurangnya nafsu makan juga menjadi tanda awal kehamilan yang bisa anda rasakan langsung. Hal ini juga berkaitan dengan sensitifitas anda terhadap bau atau aroma. Sehingga mencium aroma makanan atau minuman tertentu justru bisa membuat anda kehilangan selera makan. Namun biasanya gejala ini akan berkurang saat akan memasuki trimester kedua kehamilan.
  • Tanda kehamilan berikutnya ialah mood swings atau perubahan suasana hati yang drastis dan tidak menentu bahkan tanpa sebab. Ini disebabkan karena perubahan hormon pada tubuh. Biasanya juga anda akan lebih melankolis dan sensitif.
  • Konstipasi atau sulit buang air besar juga bisa menjadi tanda kehamilan. Hal ini terjadi karena perubahan hormon yang mempengaruhi kinerja metabolisme tubuh menjadi lebih lambat.

Jika anda mengalami beberapa tanda kehamilan seperti diatas, maka anda bisa melakukan tes kehamilan menggunakan alat test pack yang bisa diperoleh diapotik. Jika hasilnya menunjukkan positif, maka anda bisa melanjutkan pengecekan ke dokter kandungan agar diketahui hasil yang lebih pasti dan akurat. Itulah informasi seputar tanda tanda hamil yang bisa anda deteksi sendiri untuk menunjukkan gejala awal kehamilan.