Tips Melahirkan Normal Yang Bisa Ibu Terapkan

Hampir setiap ibu hamil mendambakan persalinan normal. Sehingga saat memasuki trisemester ketiga, banyak ibu hamil yag sudah mulai rajin mencari tahu tips melahirkan normal. Hal iniĀ  tentu saja bermanfaat untuk dilakukan agar ibu isa lebih memeprsiapkan diri menghadapi proses persalinan natinya. Proses persalinan normal berarti ibu tidak menjalani pembiusan atau pembedahan. Ibu melahirkan ketika sadar dengan didampingi dokter kandungan. Melahirkan secara normal membutuhkan persiapan fisik dan mental. Untuk itu, berikut tips agar ibu dapat melahirkan secara normal dan lancar

  • Lakukan aktifitas olahraga secara rutin namun pastikan untuk tidak melakukannya melebihi kemampuan tubuh. Ini karena tubuh ibu hamil lebih rentan. Pilih olahraga ringan seperti renang atau berjalan kaki secara rutin tiap pagi atau sore selama 15 menit. Ibu hamil bisa berenang dalam intensitas waktu seminggu 3 kali untuk merangsang persalinan. Olahraga bisa membantu tubuh ibu agar lebih siap untuk melahirkan secara normal karena persalinan normal membutuhkan fisik yang kuat.
  • Perhatikan asupan makanan sehari-hari. Jika tubuh ibu ternutrisi dengan baik, maka peluang ibu bisa melahirkan normal menjadi lebih tinggi. Konsumsi makanan kaya serat juga bisa membantu memperlancar persalinan.
  • Ketika sudah mencapai usia kehamilan di trisemester terakhir, sebaiknya hindari posisi berbaring terlentang. Hal ini bisa mengganggu pergerakan bayi yang harus ada dalam posisi yang tepat untuk persalinan. Sebaiknya posisi berbaring miring dan menggunakan bantal untuk membantu menopang tubuh agar ada pada posisi ternyaman saat berbaring.
  • Tips melahirkan normal selanjutnya ialah dengan melakukan aktifitas rutin menggunakan birthing balls. Aktifitas ini dilakukan dengan memposisikan tubuh dengan duduk sempurna diatas bola lentur yang disebut birthing balls. Kemudian lakukan gerakan ke kiri dan kanan secara perlahan dan teratur. Bukalah kaki untuk menjaga keseimbangan selama tubuh dan panggul bergerak mengikuti pantulan bola. Latihan ini bisa dilakukan didalam rumah kapanpun.
  • Tips selanjutnya agar ibu bisa melahirkan secara normal ialah melakukan hubungan seks yang teratur. Berhubungan seks secara teratur tidak hanya bisa membantu ibu meningkatkan stamina sebagai persiapan persalinan nantinya. Namun ini juga bisa membantu menghilangkan stres sehingga ibu bisa lebih rileks dan siap untuk melahirkan normal.
  • Menghindari penyebab stres bisa membantu ibu untuk melahirkan secara normal. Stres bisa menganggu keseimbangan hormon ibu hamil. Hal ini bisa berdampak pada perkembangan janin pula. Maka pastikan untuk senantiasa menjaga mood agar tetap seimbang dan tidak stres secara berlebihan. Melakukan meditasi atau metode rileksasi lainnya bisa bermanfaat untuk mengurangi stres sebelum melahirkan.

Sebenarnya peluang ibu hamil untuk dapat melahirkan secara normal sangatlah tinggi. Sebagian besar ibu hamil berpeluang melahirkan secara normal jika tidak memiliki gangguan kesehatan tertentu. Ada beberapa kondisi tertentu dimana ibu hamil tidak dianjurkan untuk mengambil persalinan normal karena beresiko terhadap kesehatan ibu maupun janin. Jika ibu mengalami komplikasi misalnya hipertensi, diabetes, ataupun gangguan jantung, melahirkan secara normal memang beresiko. Selain menerapkan berbagai tips melahirkan normal diatas, penting juga untuk ibu mengetahui apakah ibu dapat melahirkan secara normal atau tidak. Hal ini bisa dilakukan dengan tidak melewatkan jadwal pemeriksaan rutin ke dokter kandungan. Pemeriksaan ini berguna untuk memantau perkembangan kehamilan dan janin. Jika tidak ada gangguan, maka ibu bisa melahirkan secara normal dengan jadwal yang diprediksikan dokter.