Tips Paling Penting Dalam Menjaga Kesehatan Anak

Seorang anak memang mudah sekali terkena penyakit jika kita bandingkan dengan orang tua. Salah satu hal penyebabnya tentu saja kurangnya pemahaman anak tentang kesehatan tubuhnya. Maka dari itu anda sebagai orang tua memang harus pandai dalam menjaga kesehatan anak anda. Jangan sampai anak anda tertular penyakit dari temannya yang bisa membuat kesehatan tubuhnya semakin menurun.

Selain itu untuk menjaga kekebalan tubuh si anak, akan lebih baik jika anda beri sebuah vitamin kekebalan tubuh. Dengan begitu kondisi kesehatan anak pun tetap terjaga. Sebenarnya ada banyak cara yang bisa ibu lakukan agar kesehatan anaknya tetap terjaga dan bisa menghadapi serangan penyakit . jika anda masih penasaran, inilah berbagai tips sederhana yang bisa anda lakukan:

Berikan asupan makanan yang bergizi

Memang sudah seharusnya anda mencukupi kebutuhan gizi si kecil agar kesehatan tubuhnya tetap terjaga. Anda tentunya bisa memberikan nasi yang ditambah dengan sayuran segar. Beragam macam sayuran memang banyak mengandung vitamin maupun zat yang bagus untuk kesehatan tubuh si kecil. Banyak sekali asupan makanan bergizi yang bisa anda berikan kepada anak anda.

Membiasakan konsumsi buah

Banyak sekali jenis buah yang mengandung banyak gizi untuk si anak. Buah-buahan yang harus anda beli tidaklah yang harganya mahal. Namun setidaknya buah-buahan itu mengandung vitamin seperti halnya jeruk, pisang maupun apel yang bagus untuk kesehatan anak. Jika anak anda kurang begitu suka untuk mengkonsumsi buah, maka anda bisa membuat buah tersebut menjadi jus. Dan tentunya masih banyak lagi lainnya buah yang bagus untuk kesehatan si kecil.

Berikan waktu untuk istirahat yang cukup

Namanya anak kecil pastinya akan suka sekali bermain bahkan mereka seakan lupa waktu saat mereka sudah asyik bermain bersama temannya. Maka dari itu, ada baiknya anda memberikan waktu yang cukup untuk ia beristirahat, seperti halnya istirahat tidur siang bahkan malam sekalipun. Biasakan anak anda bisa tidur siang kurang lebih 1 jam saja dan saat malam harinya minimal selama 8 jam. Jika istirahat si kecil cukup, maka tubuhnya pun bisa memperbaiki dirinya sehingga mampu melawan segala penyakit yang mungkin akan menyerang kondisi tubuhnya. Biasanya anak yang tidurnya kurang akan mudah sekali terserang penyakit bahkan ia juga sering sekali rewel.

Berikan madu khusus anak

Jika berbicara mengenai madu, ternyata madu juga bisa dijadikan sebagai obat alami yang mampu menjaga kesehatan tubuh si kecil. Ada baiknya anda berikan madu secara rutin kepada anak anda supaya ia bisa tahan terhadap penyakit dan bisa lebih sehat lagi.

Membersihkan kamar anak

Kesehatan anak juga tergantung pada kebersihan kamarnya. Ada baiknya anda mengganti sarung bantal guling maupun sprei minimal seminggu sekali saja. Selain itu anda juga perlu membersihkan kamarnya dan membuang segala benda yang sudah tidak anda gunakan. Sapu juga lantainya sehari dua kali saja. Jika kurang bersih maka anda juga bisa mengepel lantainya.

Membuat anak merasa senang

Apabila anda terus-terusan mengurung anak anda di rumah, pastinya ia juga akan merasa bosan sekali. Ada baiknya anda sesekali mengajaknya jalan-jalan keluar rumah supaya hatinya bisa lebih senang. Supaya anak anda bisa senang tentu saja tak harus mengeluarkan budget yang banyak. Cukup dengan mengajaknya naik odong-odong saja rasanya bisa membuat si kecil merasa senang.

Jangan terlalu melindunginya

Ada baiknya pula anda sedikit membiarkan anak bisa bermain air maupun tanah yang bisa membuat tubuhnya mengenal berbagai virus, bakteri bahkan kuma sekalipun. Dengan begitu anak pun tidak bakalan mudah sakit. Berbeda sekali dengan anak yang selalu dijaga.

Memang banyak sekali tips sederhana bagi para ibu yang ingin menjaga anaknya dari serangan penyakit. Memang sudah seharusnya sebagai orang tua harus bisa menjaga kesehatan anaknya. Jangan sampai si kecil sakit karena kelalaian ibunya. Karena bagaimanapun juga kesehatan itu penting sekali bahkan rasanya saat si kecil sedang sakit, ibu pun juga ikutan khawatir dengan kesehatan tubuhnya.